Jakarta, 21/6 (ANTARA) - Majelis Umum PBB, dalam resolusi General Assembly Nomor  57/277, menetapkan 23 Juni sebagai Hari Pelayanan Publik atau Public Service Day. Hari Pelayanan Publik bermaksud untuk merayakan nilai dan kebajikan pelayanan publik kepada masyarakat, menyoroti kontribusi pelayanan publik dalam proses pembangunan, mengapresiasi kinerja Aparatur Sipil Negara dalam menyelenggarakan pelayanan publik, dan mendorong generasi muda untuk mengejar karier di sektor publik.

     Menurut Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Andha Fauzi Miraza, KKP sebagai bagian integral Pemerintah Republik Indonesia, senantiasa melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka memenuhi ekspektasi masyarakat dan  stakeholders di bidang kelautan dan Perikanan. Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di KKP telah memberikan hasil yang positif. Hal ini tercermin dari hasil penilaian Survei Integritas Sektor Publik (SISP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tahun 2012. Indeks Integritas Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2012 adalah 6,89. "Nilai tersebut berada pada posisi di atas standar minimal integritas yang ditetapkan KPK sebesar 6,00," katanya

     Andha mengatakan, Instansi / lembaga pemerintah di tingkat pusat maupun daerah merupakan lembaga sektor publik yang bertugas memberikan layanan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan tugasnya, instansi  / lembaga publik tersebut menggunakan dana dari APBN / APBD yang bersumber dari pajak atau retribusi yang dibayar oleh masyarakat. Sebagai bentuk pertanggung jawaban penggunaan dana tersebut, instansi / lembaga pemerintah selayaknya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Fakta menunjukkan bahwa pelayanan publik merupakan salah satu sektor yang rawan korupsi, seperti penyuapan, gratifikasi, dan pemerasan. Hal ini ditandai dengan adanya keluhan masyarakat yang disampaikan melalui berbagai media. "Dalam rangka mencegah tidak pidana korupsi pada layanan publik maka perlu transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sektor publik baik yang berada di tingkat pusat maupun daerah," tandasnya.

     Andha menjelaskan, peringatan Hari Pelayanan Publik Internasional di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 mengambil Tema: " Meningkatkan Pelayanan Publik yang Inovatif, Transparan dan Partisipatif untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan". Peringatan hari pelayanan publik internasional di Kementerian Kelautan dan Perikanan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, Diantaranya, sarasehan Pelayanan Publik di Bidang Kelautan dan Perikanan 2013, Pekan Pelayanan Publik di Bidang Kelautan dan Perikanan 2013, Pameran Pelayanan Publik di Bidang Kelautan dan Perikanan 2013; dan Puncak Acara Hari Pelayanan Publik di Bidang Kelautan dan Perikanan 2013. "Sarasehan menghadirkan Narasumber dari KPK, Ombudsman dan Kementerian PAN dan RB," tambahnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Anang Noegroho,Plt. Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP. 0811806244)


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013