Informasi geospasial ini penting untuk dipahami oleh para pemangku kebijakan
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur meraih penghargaan terbaik pertama kategori informasi geospasial batas desa atau kelurahan dalam Bhumandala Award 2023 dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Piala penghargaan diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto pada gelaran "Asia Pacific Geospatial Forum" (APGF) dan Seminar "International on Geo-Innovation For a Safe and Sustainable World" di Badung, Bali, Senin (6/11)

"Alhamdulillah, Kabupaten Madiun mendapatkan juara satu tingkat nasional dan pada kesempatan ini tentunya apresiasi diberikan kepada semuanya yang terlibat," ujar Pj Tontro dalam keterangannya di Madiun, Selasa.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan Bhumandala Award 2023 yang diberikan kepada Pemkab Madiun.

Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi pedoman pemerintah dalam menegakkan hukum batas wilayah di masing-masing desa.


Baca juga: Kementerian PUPR terima penghargaan penggunaan teknologi geospasial
Baca juga: Sleman raih penghargaan Bhumandala Kanaka Badan Informasi Geospasial


Adapun, informasi geospasial berfungsi untuk membantu pencegahan konflik tata ruang, perencanaan RTRW, dan rencana perkembangan wilayah yang lebih valid. Selain itu, dengan memiliki informasi geospasial, nantinya dapat mempermudah pelayanan Pemkab Madiun karena mengacu dengan peta yang sama.

Selain itu, informasi geospasial juga merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pemetaan wilayah di Indonesia. Utamanya, harus dipahami oleh para pemangku kebijakan dalam perencanaan pembangunan wilayah.

"Informasi geospasial ini penting untuk dipahami oleh para pemangku kebijakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga pengelolaan sumber daya dalam negeri, bahkan juga bisa berkontribusi untuk lingkup global," kata dia.

Seperti diketahui, penghargaan Bhumandala telah diselenggarakan oleh BIG sejak tahun 2014. Setiap tahun, BIG memberikan penghargaan tersebut kepada pemerintah daerah yang mampu mengimplementasikan dan memanfaatkan informasi geospasial dengan baik dalam kebijakan dan program-program mereka.

Adapun penghargaan Bhumandala Tahun 2023 dibagi menjadi 3 kategori yaitu Kategori Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, Kategori Nama Rupabumi, dan Kategori Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan.

Pj. Bupati Tontro menambahkan dalam sepekan terakhir, Pemkab Madiun menerima dua penghargaan tingkat nasional sekaligus. Bahkan menjadi yang terbaik di masing-masing penghargaan.

Yakni penghargaan Bhumandala Award 2023 kategori informasi geospasial batas desa atau kelurahan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Informasi Geospasial (BIG) dan peringkat I OPD nasional yang membidangi Sub Urusan Jasa Konstruksi Tingkat Kabupaten dari Kementerian PUPR.

Baca juga: Ketua DPD apresiasi Yogyakarta kembangkan informasi geospasial
Baca juga: Manado calon penerima penghargaan pemanfaatan informasi geospasial
Baca juga: Kementerian ESDM raih Geoportal Terbaik di Ajang Bhumandala Award

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023