Penemuan ini berangkat dari keprihatinan terhadap pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis
Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak lima mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menciptakan detergen ramah lingkungan berasal dari buah tanaman belimbing wuluh yang diberi nama "Paper GenB".

"Penemuan ini berangkat dari keprihatinan terhadap pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang ramah lingkungan dan mudah terurai dengan prinsip tak ada limbah (zero waste)," kata salah seorang anggota tim penelitian mahasiswa UGM Rizqa Irma Widayati dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Selasa.

Inovasi itu lahir dari gagasan mahasiswa Jurusan Kimia UGM Rizqa Irma Widayati, Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasi), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

Rizqa mengatakan Paper GenB hadir sebagai salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan.

Produk tersebut dibuat dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya karena di dalamnya mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai detergen alami dan tentunya ramah lingkungan.

"Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan," ucap dia.

Pengembangan detergen ramah lingkungan itu, kata dia, karena produk detergen sintetis yang kerap digunakan masyarakat untuk mencuci memiliki kandungan zat  yang dapat mengakibatkan kematian organisme di air, mencemari ekosistem, bahkan bisa membahayakan kesehatan manusia.

Produk detergen itu menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami sehingga tidak membuat kulit iritasi dan tidak mencemari ekosistem air.

Menurut dia, produk detergen itu dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan didaur ulang.

Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas yang berbeda dengan produk detergen pada umumnya, menurut dia, produk tersebut mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk mencuci pakaian.

Produk itu juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi dengan laman (website) sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian.

"Paper GenB bisa digunakan untuk segala macam keperluan pencucian baik manual (tangan), mesin cuci bukaan atas, maupun mesin cuci bukaan depan," kata Rizqa.
Baca juga: Bantul gerakkan santri aksi bersih sungai cegah pencemaran makin buruk
Baca juga: Polres Pamekasan hentikan penyelidikan kasus pencemaran sungai
Baca juga: Pj Gubernur Jabar: Banyak sekali pengaduan pencemaran sungai di Bekasi

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023