Saya mengajak pemerintah daerah, instansi vertikal, pelaku usaha, dan seluruh masyarakat untuk terus bersinergi dalam mengendalikan inflasi
Gorontalo (ANTARA) - Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama mengendalikan inflasi di Provinsi Gorontalo.

"Saya mengajak pemerintah daerah, instansi vertikal, pelaku usaha, dan seluruh masyarakat untuk terus bersinergi dalam mengendalikan inflasi," ucap Dian pada kegiatan Gorontalo Economic Outlook di Kota Gorontalo, Selasa.

Baca juga: Pemkot Serang dan BI buat pusat kuliner untuk meningkatkan ekonomi

Ia menjelaskan, menjaga kestabilan inflasi khususnya pangan dapat dilakukan dalam kerangka 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

Dian mengatakan, kegiatan Gorontalo Economic Outlook bertujuan untuk menjadi ajang penataran gagasan pengendalian inflasi sebagai bagian dari langkah-langkah taktis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Gorontalo dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM hingga merumuskan program unggulan.

Gorontalo Economic Outlook tahun 2023 mengangkat tema sinergi upaya mewujudkan ketahanan pangan daerah melalui penguatan kelembagaan dan integrasi neraca pangan.

Dalam rangka memperluas wawasan, menyamakan persepsi, dan meningkatkan keterlibatan seluruh elemen TPID, pemerintah daerah, instansi vertikal, akademisi, serta pelaku usaha di Provinsi dan Kabupaten/Kota se Gorontalo dalam mewujudkan inflasi daerah yang rendah dan terkendali, diperlukan wadah diseminasi agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: BI: PDRB Banten tumbuh 4,97 Persen tertinggi di Pulau Jawa

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo, KPw BI Provinsi Gorontalo, Kantor Wilayah DJPb Provinsi Gorontalo, dan ISEI Cabang Gorontalo menyelenggarakan forum diseminasi bertajuk Gorontalo Economic Outlook.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki mengatakan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, selain mengembangkan sektor pertanian, pemerintah juga perlu membangun sektor alternatif lain seperti perikanan, kehutanan, dan perdagangan.

Budianto Sidiki menyampaikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo sebagai penasihat strategis pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah berperan secara nyata dan aktif dalam upaya akselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Ekonom sebut rupiah jadi mata uang yang performanya terjaga

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023