Jakarta (ANTARA News) - Kepala BNPB Syamsul Maarif mengungkapkan ada tiga strategi dalam penanganan bencana asap tersebut.

Pertama, pemadaman kebakaran lahan dan hutan di daratan; kedua, pemadaman di udara melalui water bombing menggunakan helikopter dan hujan buatan menggunakan pesawat terbang; dan ketiga, sosialisasi dan penegakan hukum.

“Presiden menyetujui strategi tersebut dan agar dilakukan secepatnya,” terang Syamsul sebagaimana dikutip oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho seperti dikutip dari laman setkab.go.id.

Ia mengungkapkan BNPB juga telah berkoordinasi dengan Menkokesra, Panglima TNI dan Kapolri untuk mengatasi bencana tersebut.

Pada Jumat ini, 2 pesawat Cassa 212 akan diterbangkan ke Pekanbaru, yaitu pesawat TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusumah dan pesawat BPPT yang saat ini berada di Banjarmasin.

Pesawat Hercules C-130 TNI AU juga dipersiapkan untuk mendukung hujan buatan tersebut.  Rencana Jumat sore akan diterbangkan dari Lanud Husein Sastranegara Bandung ke Pekanbaru jika pemasangan peralatan selesai dilakukan.

Sebelumnya pada Kamis (20/6) malam, BNPB telah mengirimkan bahan ke Pekanbaru. Selain itu, juga diberangkatkan personel dan peralatan untuk mendukung operasi hujan buatan. Masih disiapkan 2 buah helikopter untuk water bombing.

"Koordinasi dan persiapan masih dilakukan hingga saat ini oleh BNPB bersama TNI, Kementerian/Lembaga, Pemda dan pihak lainnya,” ungkap Sutopo.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013