Kabupaten Bogor (ANTARA) - DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengusulkan tiga nama bakal calon penjabat bupati Bogor dalam rapat paripurna di Gedung DPRD, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa malam (7/11).

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Rabu, mengatakan usulan nama-nama calon penjabat bupati itu diajukan oleh masing-masing fraksi dan kelompok masyarakat.

Awalnya, kata Rudy, terdapat 10 nama yang diajukan dari fraksi dan kelompok masyarakat, yang kemudian mengerucut menjadi tiga nama.

"Setelah paripurna, kami sampaikan ke Kemendagri karena batas akhirnya tanggal 8 November 2023," kata Rudy.

Ketiga nama calon penjabat bupati Bogor usulan DPRD itu ialah Juanda Dimansyah, yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor; Nurdin, yang kini menjabat Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri; serta Tubagus Chaerul Dwi Sapta, yang kini menjabat Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK dan Posyandu Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Baca juga: DPRD Bogor terima usulan empat nama bakal calon Pj Bupati

Rudy menerangkan DPRD Kabupaten Bogor hanya memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama tersebut. Nantinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kemendagri juga akan mengusulkan masing-masing tiga nama.

"Siapa pun yang akan terpilih menjadi pj bupati Bogor, itu merupakan orang terbaik, karena semua keputusan akhir yang menentukan Kemendagri sendiri," kata Rudy.

Sebelumnya, Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan siapa pun yang akan terpilih menjadi penggantinya sebagai pemimpin Kabupaten Bogor harus melanjutkan kebijakan yang telah ditetapkan, terutama menjalankan program dalam APBD.

"Saya berharap proses pengusulan pj bupati Bogor dapat berjalan baik dan lancar sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menjamin kesinambungan pembangunan dan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Bogor," kata Iwan.

Iwan Setiawan akan mengakhiri jabatannya sebagai bupati Bogor pada Desember 2023.

Baca juga: Bupati Bogor kunjungan ke Prancis jajaki kerja sama air bersih

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023