Berbagai fasilitas disediakan pemerintah kemudahan kredit usaha rakyat, pemberian kemudahan perizinan usaha hingga berbagai ketrampilan jenis pelatihan disediakan pemerintah dengan tujuan status pelaku UMKM OAP bisa meningkat dari kecil ke menengah
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor Papua mengupayakan kurang lebih 2.000 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) orang asli Papua (OAP) bisa naik kelas dengan memanfaatkan kemudahan fasilitas diberikan pemerintah daerah setempat.

"Berbagai fasilitas disediakan pemerintah kemudahan kredit usaha rakyat, pemberian kemudahan perizinan usaha hingga berbagai ketrampilan jenis pelatihan disediakan pemerintah dengan tujuan status pelaku UMKM OAP bisa meningkat dari kecil ke menengah," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Perdagangan Biak Numfor Yubelius Usior di Biak, Rabu.

Diakuinya, dari data Disperindag untuk khusus pelaku UMKM OAP banyak bergerak sektor perikanan, jual pinang, kontraktor, produksi ikan asap julung, jasa perdagangan hingga industri rumah tangga dan ekonomi kreatif.

Dari seribuan pelaku UMKM OAP, menurut Usior, hingga 2023 masih dominan tingkatan usaha mikro dan kecil.

Sedangkan untuk kelas menengah ke atas, menurut Usior, masih minim dan sedikit sehingga dibuat keberpihakan untuk meningkatkan status pelaku UMKM OAP supaya menjadi lebih cepat naik kelas.

"Pemkab Biak Numfor melalui dukungan dinas terkait terus menerus memberikan pembinaan dan pendampingan supaya lebih cepat naik kelas menengah," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayapura: 16 OAP ikut pelatihan mebel dorong UMKM mandiri

Baca juga: Biak berikan pendampingan kemasan produk UMKM OAP


Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Biak Leo Randokir mengakui, t pengusaha OAP masih dominan dalam usaha skala kecil.

"Kemampuan pelaku UMKM OAP sudah bisa diandalkan untuk menangani proyek skala besar. Hanya saja kesempatan yang diberikan kepada pengunjung asli Papua masih terbatas sehingga ke depan perlu ditingkatkan," sebut Leo.

Sementara itu, Ketua Gapensi Biak Amatus Mayor berharap, dukungan dari pemerintah daerah lewat kebijakan Bupati Herry Ario Naap telah memperhatikan pengusaha OAP dengan memberikan pekerjaan proyek fisik maupun pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkab Biak Numfor.

"Untuk meningkatkan status pengusaha OAP bisa naik kelas menjadi pengusaha menengah atau besar tetap terbuka luas tinggal bagaimana peluang ini diberikan," harap Ketua Gapensi Biak Numfor Amatus.

Berdasarkan data Gapensi Biak pada tahun 2023 terungkap pengusaha OAP yang ikut mengerjakan proyek pemerintah mencapai seratusan pelaku UMKM OAP," ujarnya.

Baca juga: BPPKSLN Papua latih manajemen pelaku UMKM OAP Biak-Supiori

Baca juga: Pemkab Biak berikan pendampingan berdayakan ekonomi pelaku UMKM OAP

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023