Pangkalan Bun (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah akan berusaha mengatasi masalah asap akibat kebakaran hutan di Riau dengan hujan buatan.

"Tahap pertama kita akan pakai hujan buatan, mungkin dalam pekan ini sudah bisa kita laksanakan," katanya setelah melepasliarkan 10 orangutan di kawasan hutan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Jumat.

Ia menjelaskan pula bahwa pejabat kementerian dan lembaga pemerintah terkait sudah membentuk tim untuk mengatasi kabut asap yang menyelimuti Riau dan merambat sampai ke negara tetangga, Singapura.

"Ini kita anggap sudah darurat, oleh karena itu Pemda, kepolisian, dan kementerian lembaga lain akan bersama-sama berusaha menghentikan kebakaran di Riau," katanya.

"Kita akan segera all out mengatasi yang terjadi di Riau. Mudah-mudahan dalam 10 hari ini (sudah teratasi)," katanya.

Namun, ia melanjutkan, jika pembakaran hutan dan lahan masih dilakukan,  masalah itu akan sangat sulit di atasi. "Apalagi kalau praktik itu sampai menyebabkan lahan gambut ikut terbakar," katanya.

Mengenai protes yang dilayangkan Singapura soal kebakaran hutan dan lahan, ia mengatakan bahwa itu adalah sesuatu yang wajar.

"Tapi ingat, sampaikan dengan cara tepat, pas dan baik. Jangan seperti menyerang, karena kita juga tidak ingin kebakaran ini terjadi. Ini musibah, kita juga tidak ingin negara kita ada asapnya," kata dia.

Pewarta: Maryati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013