Cianjur (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat sepanjang tahun 2023 dari Januari hingga Oktober angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Cianjur mencapai 1.666.044 orang atau 80 persen dari target.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kabupaten Cianjur, Elis Rosmakania di Cianjur Rabu, mengatakan sepanjang tahun 2023 pihaknya menargetkan angka kunjungan wisatawan ke Cianjur sekitar 2.065.021 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di angka 1.5 juta orang.

"Data tersebut belum termasuk dari beberapa Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW), sehingga perkiraan kami target akan terlampaui karena masih ada dua bulan ke depan dan data yang belum masuk," katanya.

Data yang dimiliki Disbudpar Cianjur, terdapat 59 ODTW di Cianjur mulai dari wilayah utara dengan nuansa alamnya seperti Kebun Raya Cibodas dan di wilayah selatan dengan wisata pantainya seperti Pantai Cemaran sertai wisata air terjun yang tersebar di setiap kecamatan.

Pihaknya merinci dari 1,6 juta wisatawan yang datang untuk berlibur ke Cianjur masih didominasi wisatawan lokal dengan jumlah 1.576.154 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 89.890 orang didominasi asal Timur Tengah.

"Dari jutaan wisatawan yang datang, sekitar 488.720 orang yang menginap atau lebih dari satu hari berada di Cianjur karena mengunjungi beberapa ODTW yang promosinya selalu digencarkan di berbagai media sosial dan setiap pameran berskala regional dan nasional," katanya.

Sedangkan ODTW favorit yang banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2023, masih dipegang Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan The Nice Funtastic Park di Kecamatan Sukaresmi serta sejumlah wisata air terjun di wilayah selatan Cianjur.

Berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk meningkatkan angka kunjungan ke Cianjur setiap tahun dengan menggelar kalender tahunan dan menggencarkan promosi diberbagai media cetak, elektronik dan media sosial serta merangkul penggiat media yang memiliki banyak pengikut.

"Kami berharap setiap tahun angka kunjungan terus meningkat karena akan mendongkrak perekonomian sekitar dimana obyek wisata unggulan berada. Berbagai program penunjang sudah disiapkan seperti seni budaya dan bazar UMKM di lokasi wisata," katanya.

Baca juga: Disbudpar Cianjur gelar berbagai festival tingkatkan angka kunjungan

Baca juga: Alun-alun Ciranjang menjadi objek wisata baru di wilayah timur Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023