Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak wisatawan asing mengunjungi Jakarta untuk menikmati beragam destinasi wisata termasuk menyaksikan Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hal itu disampaikan terkait pengakuan Lonely Planet kepada Jakarta sebagai "One of the Best Cities to Visit in 2024"

"Majalah perjalanan terkemuka asal Amerika Serikat (AS), yang menempatkan Jakarta di urutan ke-7 dari 10 kota terpilih dari seluruh dunia melampaui Praha, Izmir dan Kansas City," kata Sandiaga dikutip dari siaran pers Kemenparekraf di Jakarta, Rabu.

Data statistik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan, sejak Januari hingga Juni 2023, Jakarta dikunjungi 798.163 wisatawan mancanegara.

Sandiaga menjelaskan, Jakarta memiliki beragam destinasi belanja terjangkau. Salah satunya, Pasar Tanah Abang hingga pusat perbelanjaan prestisius seperti Grand Indonesia hingga Mal Kelapa Gading.

Baca juga: Usai renovasi, Jakpro siapkan JIS untuk ajang Piala Dunia U-17
Baca juga: PLN pakai pengaman empat lapis suplai listrik JIS di Piala Dunia U17
 
Selain itu, wisatawan juga bisa berburu produk ekonomi kreatif khas dan legendaris di Sarinah
​​​​​atau menuju kawasan kuliner terkenal di Kawasan Blok M, Pecenongan, Pasar Baru, Mangga Dua serta Kelapa Gading.

Keunikan khas kota metropolitan akan terasa kental sepanjang jalan saat pelancong mengeksplorasi Jakarta Utara hingga berwisata kota di malam hari di kawasan Jakarta Selatan.

Jakarta juga memiliki segudang potensi untuk pengembangan pariwisata sejarah, budaya dan alam. Wisatawan bisa mengunjungi berbagai museum hingga Monumen Nasional (Monas) untuk mengetahui seluk-beluk sejarah panjang Indonesia.

"Serta mengunjungi kawasan mangrove di Penjaringan, Jakarta Utara," katanya.
Baca juga: Jakpro optimalkan perawatan rumput JIS jelang Piala Dunia U-17

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023