Pemerintah Kota Padang ingin menyelamatkan generasi muda dari stunting lewat kegiatan bertajuk Ayo Cegah Stunting
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Sumatra Barat (Sumbar) melalui Dinas Kesehatan setempat membagikan tablet penambah darah, 1.500 butir telur ayam, dan 691 unit antropometri kit atau alat pengukur tinggi badan kepada masyarakat dalam rangka mengintervensi stunting (gangguan pertumbuhan pada anak).

"Pemerintah Kota Padang ingin menyelamatkan generasi muda dari stunting lewat kegiatan bertajuk Ayo Cegah Stunting," kata Asisten I Pemerintah Kota Padang Edi Hasymi di Padang, Rabu.

Kegiatan Ayo Cegah Stunting tersebut dilaksanakan di Gedung Youth Center dengan melibatkan 520 orang yang terdiri atas pelajar, bayi hingga balita.

Edi Hasymi mengatakan, untuk mencegah anak-anak terkena stunting atau gagal tumbuh, maka dibutuhkan intervensi gizi hingga pola hidup yang sehat secara berkelanjutan dan memakan waktu yang panjang.

Menurutnya, cukup banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya stunting. Selain tidak tercukupinya gizi seimbang pada balita, lingkungan tidak bersih hingga tidak tersedianya jamban yang memadai juga dapat memicu stunting.

"Tidak bisa kita pungkiri keluarga yang kurang mampu begitu rentan terkena stunting," katanya.

Pada kesempatan itu, Edi Hasymi juga mengingatkan pentingnya kesadaran dari orang tua terhadap pola makan anak. Sebab, menu isi piring makan anak seharusnya dilengkapi dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, buah-buahan, dan sayuran.

"Lewat menu makanan seimbang tersebut anak akan terhindar dari stunting," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Srikurnia Yati mengatakan, kegiatan Ayo Cegah Stunting bertujuan agar anak-anak di Kota Padang tumbuh dan berkembang secara optimal.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya membagikan ribuan telur ayam kepada Ibu rumah tangga yang mempunyai balita, dan tablet penambah darah kepada pelajar. Namun, masyarakat juga diedukasi pengetahuan tentang gizi seimbang dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya strategis dalam menekan angka stunting. Harapannya, tujuan utama percepatan penurunan stunting dapat tercapai," katanya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023