Jakarta (ANTARA) - Pameran ilustrasi dan seni “Jakarta Illustration & Creative Arts Fair” (JICAF) 2023, yang akan digelar pada 9-19 November 2023 di SPAC8 UG ASHTA District 8, Jakarta Selatan, menghadirkan konsep pameran ilustrasi dan seni seperti supermarket.

“JICAF itu sebuah format baru dari pameran ilustrasi. Jadi, kita bisa ngobrol langsung dengan senimannya di acara ini,“ kata Program Director JICAF 2023 Yoga Pratama saat ditemui dalam konferensi pers JICAF 2023 di Jakarta, Rabu.

JICAF 2023 digelar untuk pertama kalinya dengan menghadirkan konsep pameran ilustrasi dan seni seperti supermarket sehingga para ilustrator dan seniman dapat berinteraksi dengan pengunjung, sesama ilustrator, dan kolektor tanpa perlu menjaga gerai pameran mereka sendiri. JICAF akan menghadirkan 75 ilustrator dan seniman dari Indonesia.

Baca juga: 12 Kartunis hadirkan hiburan-edukasi lewat pameran "I Love U Gudbai"

Karya-karya dari para ilustrator di JICAF 2023 akan dipajang di gerai masing-masing yang sudah diberi barcode (garis batang) agar pengunjung dapat mengecek harga atau informasi dari karya-karya ini.

Setelah itu, pengunjung hanya perlu membawa karya ilustrator yang diinginkan ke kasir untuk melakukan transaksi pembayaran. Dengan cara seperti itu, para ilustrator dan seniman tidak perlu menjaga gerai pameran mereka karena pengunjung dapat mengetahui harga dan informasi lainnya dari barcode yang telah diberikan.

“Ada 6.500 item (karya) yang sudah dikumpulin, kita barcode-in satu-satu. Jadi, artist-nya nggak perlu lagi jaga booth, kita usdah sistem semua, pembelian bisa langsung ke kasir,” kata Yoga.

Sebanyak 44 ilustrator terpilih untuk JICAF 2023 telah dikurasi oleh tim berdasarkan sejumlah kriteria, yakni keunikan karya, keselarasan dengan tema dan ruang pameran, dan lainnya. Dari 368 ilustrator yang mendaftar, akhirnya terpilihlah 44 ilustrator dan seniman tamu dengan total pengisi acara 75 orang.

Tidak hanya menyajikan pameran ilustrasi, JICAF 2023 juga akan menghadirkan ragam pernak-pernik dan karya turunan para ilustrator untuk bisa dibeli oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung berkesempatan untuk hadir dalam sesi bincang-bincang khusus bersama para ilustrator mengenai karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini.

Baca juga: TMII selenggarakan pameran seni rupa karya seniman muda

Baca juga: Imagispace hadirkan pameran seni inovatif "Long way, together"


JICAF juga menyediakan tempat berfoto dengan beragam desain menarik yang dapat digunakan oleh pengunjung yang hadir.

Ada 10 seniman tamu yang akan meramaikan JICAF 2023, yakni Ardhira Putra, Antonio Reinhard Wisesa, Ardneks, Elicia Edijanto, Isha Hening, izzy, Liunic, M. Fatchurofi, Pinot, dan Stereoflow. Beberapa seniman juga akan menampilkan showcase unik yang terinspirasi dari karya mereka, seperti Kunto Aji dan Taby by Marchella FP.

“JICAF menjadi tempat dan panggung untuk para seniman atau ilustrator yang tergabung untuk bisa memamerkan, mempresentasikan hingga menjual hasil karya mereka dalam bentuk art prints yang tentunya dibandrol dengan harga masuk akal dan ramah di kantong,” kata Creative Director JICAF 2033 Sunny Gho.

JICAF akan diselenggarakan mulai tanggal 9 November 2023 khusus untuk undangan dan 10-19 November 2023 untuk umum mulai pukul 10:00-20:00 WIB. Pengunjung dapat membeli tiket masuk JICAF seharga Rp60 ribu untuk satu hari dan Rp150 ribu untuk All Event melalui Loket.com.

Baca juga: "Kronologi Kosmos" digelar untuk peringati 50 tahun Indonesia-Korea

Baca juga: Kompleksitas keindonesiaan dalam pameran "di sini d.l.l."

​​​​​​​
Baca juga: Rayakan HUT RI ke-78, Ganara Art bersama TMII hadirkan taman seni

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023