Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada acara pembukaan Konferensi Internet Dunia (World Internet Conference/WIC) 2023 di Wuzhen, Zhejiang, menyerukan agar internet dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat di semua negara.

Seruan itu disampaikan Xi saat dia berpidato melalui pesan video di konferensi tersebut.

Xi mengatakan bahwa visi untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama di ruang siber, yang diusulkannya di WIC kedua pada 2015, mendapatkan pengakuan luas internasional dan respons positif.

Visi tersebut menjawab berbagai pertanyaan saat ini yang berkaitan dengan upaya untuk mengatasi defisit pembangunan, menangani tantangan keamanan, dan meningkatkan pembelajaran timbal balik antar peradaban, tutur Xi.

Xi menekankan bahwa komunitas internasional perlu memperdalam pertukaran dan kerja sama praktis untuk bersama-sama memajukan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama di ruang siber ke jenjang baru.

Dia menyerukan untuk memprioritaskan pembangunan agar hasil pengembangan internet dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak negara dan masyarakat.

Xi menekankan perlunya peningkatan akses masyarakat terhadap layanan berbasis informasi, menjembatani kesenjangan digital, serta meningkatkan penghidupan masyarakat dengan pengembangan internet.

Sembari menyerukan upaya untuk membangun ruang siber yang lebih damai dan aman, Xi menekankan perlunya menghormati kedaulatan ruang siber dan cara tata kelola internet masing-masing negara serta perlunya menentang upaya hegemoni, konfrontasi blok, dan perlombaan senjata di ruang siber.

Xi kemudian menekankan perlunya untuk menindak kejahatan dunia maya, memperkuat keamanan data dan perlindungan informasi pribadi, serta merespons dengan baik risiko dan tantangan yang dibawa oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap aturan, masyarakat, dan etika.

China bersedia bekerja sama dengan semua pihak untuk mengimplementasikan Inisiatif Tata Kelola Kecerdasan Buatan Global dan mempromosikan pengembangan AI (kecerdasan buatan) yang aman, ungkap Xi.

Dia juga menyerukan untuk membangun ruang siber yang lebih setara dan inklusif guna menekankan perlunya untuk lebih mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan bersama.

Xi menggarisbawahi lebih banyak produk budaya daring berkualitas tinggi dan upaya untuk sepenuhnya menampilkan pencapaian luar biasa dari peradaban manusia dan secara aktif mempromosikan pelestarian dan pengembangan peradaban.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023