Kuala Lumpru (ANTARA) - Wakil Presiden China Han Zheng tiba di Malaysia pada Rabu (8/11) malam untuk kunjungan resmi hingga 11 November 2023 dalam rangka memperingati 10 tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara.

Dalam siaran pers pada Rabu, Kementerian Luar Negeri (KLN) Malaysia mengatakan bahwa Han Zheng akan menghadap Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah di Istana Negara sebelum bertemu dengan Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

Han Zheng juga akan menghadiri jamuan makan malam untuk menyambut kedatangannya oleh Wakil Perdana Menteri I Ahmad Zahid Hamidi.

Sejumlah hal akan dibicarakan selama kunjungannya, seperti kerja sama bilateral, industri halal, konflik Palestina-Israel dan juga peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Malaysia-China pada 2024.

Han Zheng juga akan mengunjungi Automotive Hi-Tech Valley (AHTV) di Tanjung Malim, Perak dan Penang.

Selama dekade terakhir, China menjadi mitra dagang terbesar Malaysia. Total perdagangan kedua negara pada 2022 mencapai 487,13 miliar ringgit Malaysia (sekitar Rp1,63 kuadriliun), meningkat 15,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

China juga investor asing terbesar di Malaysia pada 2022 dengan total investasi langsung mencapai 55,4 miliar ringgit (sekitar Rp185,52 triliun).

Baca juga: Malaysia sebut CIIE dorong perdagangan dan investasi internasional
Baca juga: Wakil PM Malaysia sebut negaranya dapat manfaat dari pertumbuhan China

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023