Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan tengah menunda sementara pengembangan untuk sistem operasi teranyar iPhone yaitu iOS 18 bersamaan dengan penundaan untuk pembaruan sistem operasi untuk perangkat lainnya seperti macOS 15, watchOS 11, dan tvOS 18.

Kabar itu pertama kali dilaporkan oleh Mark Gurman untuk Bloomberg seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (8/11).

Laporan tersebut mengungkap bahwa penundaan pengembangan sistem operasi terbaru itu dilakukan agar para insinyur dapat fokus memperbaiki kelemahan dan bug dari sistem operasi saat ini yaitu iOS 17 sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat lunak.

Baca juga: WhatsApp 2.18.100 untuk iOS tersedia, begini detilnya

Senior VP dan Chief of Software Apple Craig Federighi dikabarkan bekerja lebih keras untuk memastikan bug perangkat lunak dapat teratasi dengan optimal.

Maka dari itu agar hal tersebut dapat terpenuhi beberapa produk yang masih dalam perencanaan harus ditunda.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa penundaan pengembangan sistem operasi baru juga dilakukan karena rupanya tim rekayasa perangkat lunak di bawah Federighi menemukan terlalu banyak bug yang diabaikan selama pengujian internal.

Baca juga: Apple perbarui iOS, atasi iPhone 15 rusak saat isi daya di BMW

Meski begitu jeda tersebut hanya akan berlangsung beberapa hari dan diproyeksikan tidak akan mengganggu garis waktu untuk pengembangan terbaru.

Apple merencanakan pengembangan untuk sistem operasi baru itu akan kembali ke jalur pengembangannya pada akhir minggu ini dengan progres terakhir pada Oktober 2023 versi pertama dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS 15 telah diselesaikan.

Adapun untuk pembaruan terbesar pada versi iOS 17.4 yang saat ini fokus dibenahi diperkirakan rampung pada Maret 2024.

Baca juga: Pembaruan iOS 17 dan iPadOS 17 tersedia untuk diunduh

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023