Kesuksesan acara tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif, termasuk kepada perekonomian masyarakat Samosir
Medan (ANTARA) - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom  menyebutkan Aquabike Jetski World Championship di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada 22-26 November 2023 akan meningkatkan perekonomian masyarakat seiring dengan banyaknya penonton yang datang dari dalam dan luar negeri.

"Pemkab Samosir berharap dukungan segenap masyarakat bisa menyukseskan Aquabike Jetski. Kesuksesan acara tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif, termasuk kepada perekonomian masyarakat Samosir," kata Bupati Samosir Vandiko T.Gultom di Samosir, Kamis.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Aquabike Jetski World Championship, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom meminta masyarakat untuk menyukseskan acara tersebut dengan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu atau pengunjung.

Samosir akan menjadi tempat untuk pembukaan acara dengan menghadirkan lomba perahu naga, selain menjadi lokasi perlombaan.

Ia menyebutkan pemerintah daerah dan masyarakat setempat telah melakukan berbagai persiapan agar acara pembukaan dan perlombaan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Pesepak bola Radja Nainggolan antusias sambut Aquabike Jetski di Toba

Baca juga: Jaringan hotel BUMN pastikan kesiapan sambut Aquabike Jetski di Toba


"Persiapan terus dimatangkan dengan melibatkan berbagai pihak, demikian juga dengan persiapan pengamanan oleh pihak terkait juga terus dimatangkan," katanya.

Aquabike Jetski World Championship akan menjadi acara olahraga air internasional kedua yang diselenggarakan di Danau Toba pada tahun 2023.

Pada 24-26 Februari 2023, InJourney telah menghadirkan olahraga air kelas dunia yakni F1Powerboat atau Balap Perahu Motor Formula 1 (F1H2O).

Penyelenggaraan dua acara olahraga air berkelas dunia tersebut diharapkan bisa membawa citra Danau Toba di mata dunia sebagai salah satu destinasi pariwisata olahraga air bertaraf internasional.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Danau Toba merupakan bagian dari Kaldera Toba, yang sudah ditetapkan oleh UNESCO ke dalam 16 UNESCO Global Geopark.

“Dengan menghadirkan Aquabike Jetski World Championship, InJourney berharap Danau Toba bisa menjadi water sport tourism andalan Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Baca juga: Logistik kejuaraan dunia Aquabike Jetski mulai berdatangan di Belawan

Baca juga: Kementerian BUMN siap dukung Aquabike 2023 lewat penyediaan infrastruktur

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023