Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut Ke Belakang
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Kabupaten Kepulauan Seribu bisa menjadi teladan pembangunan berkelanjutan di wilayah pesisir Indonesia dalam usianya yang ke-22 tahun.

"Saya berharap bisa semakin maju dan menjadi teladan dalam pembangunan berkelanjutan bagi wilayah pesisir," kata Heru di Jakarta, Kamis, dalam sambutannya memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-22 Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pada kesempatan itu Heru juga mengutip peribahasa nelayan  "Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut Ke Belakang" untuk memberikan semangat warga Kepulauan Seribu melaksanakan pembangunan.

Heru juga menitipkan pesan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu agar memperkuat sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan  untuk memajukan wilayah termasuk di bidang kesehatan masyarakat.

Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional tahun 2010-2025, Kepulauan Seribu telah ditetapkan sebagai Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membahas kembali Rancangan Peraturan Daerah tentang Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 1992 tentang Penataan dan Pengelolaan Kepulauan Seribu Kotamadya Jakarta Utara bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (14/11).

Pencabutan Perda 11/1992 tersebut menasbihkan Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai wilayah administrasi tersendiri yang berada di luar wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Berdasarkan fakta kewilayahan, Kepulauan Seribu ditetapkan sebagai Kabupaten Administrasi karena sudah memiliki dua wilayah kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Selatan dan Kepulauan Seribu Utara.

“Dalam Perda 11/1992, Kepulauan Seribu masih wilayahnya Jakarta Utara, sekarang kan sudah Kabupaten,” kata Heru menjelaskan urgensi pembahasan Raperda tentang Pencabutan Perda 11/1992 di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/11).

Di hari jadi yang ke-22, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi beserta jajaran merayakannya secara langsung dari lokasi Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Pemkab Kepulauan Seribu mendirikan panggung pertunjukan tarian air pada Jembatan Cinta Pulau Tidung. Panggung yang dibuat di tengah jembatan yang menyeberangi dua pulau, Tidung Kecil dan Tidung Besar itu,  dihiasi air mancur warna-warni, diiringi alunan musik yang akan menghibur para wisatawan maupun warga yang datang.

"Kehadiran wahana air menari ini diharapkan bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara berlibur ke Pulau Tidung dan dapat meningkatkan perekonomian warga," ucap Junaedi.

Sebelumnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21 Kepulauan Seribu berlangsung di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dengan tema "Pulau Seribu, Seribu Pulau, Seribu Pesona" pada 9 November 2022.

Adapun tema yang diangkat dalam perayaan pada 9 November 2023 adalah "Hari Pahlawan". Tema tersebut merupakan harapan dari segenap masyarakat Kepulauan Seribu bahwa pahlawan-pahlawan muda yang kreatif dan enerjik akan dilahirkan dari wilayah mereka.

Dalam memperingati hari jadi, Bupati Kepulauan Seribu juga memberikan kesempatan kepada delapan grup musik indie asli Kepulauan Seribu yakni Audiopati dari Pulau Tidung, Lucky Jav dari Pulau Untung Jawa, Konstantinovel dari Pulau Kelapa, Monster Bumi dan Umbrella Band dari Pulau Payung, Purbaya Band dan Galuh Kutai dari Pulau Pramuka, serta Bright Band dari Pulau Panggang untuk unjuk kebolehan.

Delapan grup musik yang anggotanya berasal dari  warga Kepulauan Seribu itu saling beradu kelihaian masing-masing di atas panggung Festival di Pulau Pramuka, untuk membawakan dua lagu terdiri dari satu lagu wajib nasional dan satu lagu kreasi pilihan masing-masing grup musik.
 
Pihak penyelenggara juga menyiapkan hadiah pembinaan bagi peserta yang menjadi juara pertama sebesar Rp 12,5 juta, peringkat kedua Rp 10 juta, dan peringkat ketiga Rp 8,5 juta.
Baca juga: Pemkab menggelar Festival Kepulauan Seribu untuk tarik wisatawan
Baca juga: Kabupaten Kepulauan Seribu "lahir" lewat PP pada 3 Juli 2001
Baca juga: HUT Ke-21 Kepulauan Seribu berlangsung di Pulau Pramuka

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023