Kartu Perlindungan Sosial nantinya akan dikirimkan langsung ke alamat Rumah Tangga Sasaran (RTS)"
Samarinda (ANTARA News) - Kantor Pos Kota Bontang, Kalimantan Timur, akan menyalurkan 13.054 Kartu Perlindungan Sosial (Karlinsos) untuk wilayah kerja Bontang dan delapan kecamatan di Kabupaten Kutai Timur.

"Untuk Kabupaten Kutai Timur, hanya delapan kecamatan yang didistribusikan melalui Kantor Pos Bontang yakni Kecamatan Muara Wahau, Kombeng, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon dan Telen," kata Kepala Pos Bontang, Surya Hambali, Sabtu.

Sementara, 10 kecamatan lainnya disalurkan melalui Kantor Pos Samarinda. Di Kota Bontang sendiri hanya ada tiga kecamatan dan semuanya mendapat kartu Kalinsos, katanya.

Sebagian Karlinsos untuk wilayah Kaltim, kata Surya Hambali, telah tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, yang proses pencetakannya dilakukan di pusat.

"Total Karlinsos untuk Kota Bontang sebanyak 6.361 Kepala Keluarga dan Kabupaten Kutai Timur sebanyak 6.693 KK," katanya.

Kartu Perlindungan Sosial atau KPS lanjut dia merupakan kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai penanda Rumah Tangga Miskin.

Karlinsos kata Surya Hambali memuat informasi, nama Kepala Rumah Tangga, nama pasangan Kepala Rumah Tangga, nama Anggota Rumah Tangga lain, alamat Rumah Tangga, nomor Kartu Keluarga yang dilengkapi dengan kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik.

Pada bagian depan Karlinpos itu lanjut dia, bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo Garuda dengan masa berlaku kartu 2013-2014.

Sebagai penanda Rumah Tangga Miskin kata Surya Hambali, kartu perlindungan sosial itu berguna untuk mendapatkan manfaat dari program subsidi beras untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah atau dikenal dengan Program Raskin.

Pemerintah mengeluarkan kartu perlindungan sosial itu kepada 15,5 juta Rumah Tangga Miskin dan rentan yang merupakan 25 persen rumah tangga dengan status sosial ekonomi terendah di Indonesia.

"Kartu Perlindungan Sosial nantinya akan dikirimkan langsung ke alamat Rumah Tangga Sasaran (RTS). Penerimanya adalah satu dari tiga yang tercantum di Karlinsos yakni kepala rumah tangga, pasangan kepala rumah tangga dan anggota rumah tangga lain," kata Surya Hambali.

Pewarta: Amirullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013