Total ada 800 rumah yang mendapatkan sambungan baru yang di dalamnya terdapat 630 rumah tangga tidak mampu.
Puruk Cahu (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) telah memasang sebanyak 630 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

“Total ada 800 rumah yang mendapatkan sambungan baru yang di dalamnya terdapat 630 rumah tangga tidak mampu,” kata Penjabat Bupati Murung Raya Hermon sebagaimana disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan setempat Fery Hardi saat peresmian listrik di Desa Sungai Bakanon, Kecamatan Permata Intan, Kamis.

Menurut Fery, program listrik desa yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat tersebut merupakan program yang masuk dalam tahun anggaran 2022 melalui Kementerian ESDM dengan sasaran desa yang belum teraliri jaringan listrik PLN.

Dalam program tersebut, dia menjelaskan, untuk Murung Raya terdapat sembilan desa dan satu kelurahan di Kecamatan Murung dan Permata Intan yang mendapatkan bantuan listrik desa dari Program BPBL.

Adapun rinciannya, kata Fery, di Kecamatan Murung meliputi Desa Penyang, Batu Putih, Dirung, dan Malasan. Sedangkan di Kecamatan Permata Intan, yaitu Desa Tumbang Salio, Sungai Bakanon, Sungai Gula, Sungai Lobang, Sungai Batang, dan Kelurahan Muara Bakanon .

“Atas nama Pemkab Murung Raya, saya sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM, PLN, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan dan Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng Bapak Willy M Yoseph melalui program kegiatan Kementerian ESDM 2022 telah memberikan program listrik desa tersebut," katanya lagi.

Fery berharap dengan adanya penerangan di rumah-rumah warga ini semakin meningkatkan produktivitas masyarakat, serta menunjang banyak kegiatan dan aktivitas warga baik malam ataupun juga pada siang hari.

“Anak-anak kita pun bisa belajar dan juga para orangtua bisa mempunyai usaha rumahan, sehingga dapat menghidupkan kembali usahanya, serta meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka mendukung Murung Raya Cerdas,” kata Fery pula.
Baca juga: PLN Jatim nyalakan 19.500 sambungan listrik warga tidak mampu
Baca juga: PLN UP3 Situbondo pasang sambungan listrik gratis bagi warga miskin

Pewarta: Kasriadi/Supriadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023