Lawatan saya ke Kalimantan Barat hari ini untuk melakukan penjajakan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia....
Pontianak (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Malaysia Dato' Syed Mohammad Hasrin melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat (Kalbar) untuk membahas berbagai peluang kerja sama antara Malaysia dan Indonesia (Kalbar).

"Lawatan saya ke Kalimantan Barat hari ini untuk melakukan penjajakan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia, khususnya wilayah Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia," kata Syed Mohammad, di Pontianak, Kamis.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Penjabat Sekda Kalbar Muhammad Bari dan Konsul Malaysia di Pontianak Azizul Zekri beserta jajarannya.

Pertemuan itu dalam rangka membahas kerja sama antara Indonesia dan Malaysia terkait proyek-proyek strategis Pemprov Kalbar, di antaranya gerbang transportasi penunjang ekonomi Kalbar, yaitu Pelabuhan Internasional, Bandara Internasional dan Terminal Internasional yang terhubung untuk dalam negeri hingga mancanegara.

Selain itu, pertemuan tersebut juga akan membahas terkait infrastruktur perbatasan atau pintu keluar-masuk perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

"Saat ini Kalimantan Barat memiliki 3 PLBN (pos lintas batas negara) yang sudah dapat digunakan sebagai pintu keluar masuk perbatasan antarnegara Indonesia Malaysia, masih ada 2 PLBN yang sedang dalam proses pengerjaan, yaitu Jagoi Babang dan Sungai Kelik," kata Penjabat Gubernur Kalbar Harisson.

Selanjutnya, pada pertemuan tersebut juga akan dipaparkan pengembangan lintas batas pariwisata yang ada di Kalbar yang dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung dalam negeri maupun luar negeri, juga pengembangan produk dan jasa UMKM Kalbar yang potensial yang dibutuhkan kedua belah pihak.
Baca juga: Kadin Kalbar dan pengusaha Malaysia jalin kerja sama dagang-investasi
Baca juga: PLN resmikan PLTS di perbatasan dengan Malaysia

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023