Gunungkidul (ANTARA) - Baznas Republik Indonesia menyerahkan bantuan paket logistik keluarga di Padukuhan Kedung, Kalurahan Karangtengah, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk penanggulangan stunting di wilayah ini.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan di Gunungkidul, Kamis, mengatakan bantuan ini untuk penanggulangan stunting dan menyasar disabilitas.

Bantuan program sedekah konsumen ini menyasar 200 warga..

"Sesuai dengan arahan Presiden , Baznas ditugaskan untuk membantu mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia," kata Saidah.

Ia mengatakan banyak program dari Baznas RI yang sudah disalurkan di Gunungkidul bahkan dalam waktu dekat juga akan diluncurkan sentra ternak kambing dan ayam.

"Baznas RI juga fokus melaksanakan bedah rumah. dan berbagai program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan," katanya.

Dalam kesempatan ini Baznas RI menerima dana dari masyarakat Yogyakarta untuk membantu Palestina sebesar Rp108,51 juta. Dana tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Baznas DIY.

"Kemarin tahap pertama bersama Presiden sudah kita kirimkan bantuan ke Palestina juga," kata Saidah.

Baca juga: TNI AD salurkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza via Baznas

Bupati Gunungkidul Sunaryanta berterima kasih atas perhatian Baznas RI yang sudah banyak memberikan program di Gunungkidul. Ke depan, ia berharap akan ada lagi program untuk pengentasan kemiskinan di Gunungkidul.

Ia mengatakan tingkat kemiskinan di Gunungkidul masih di atas 16 persen. Sehingga masih sangat membutuhkan pendampingan dan bantuan untuk percepatan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem.

"Pemkab Gunungkidul masih terkendala masalah anggaran. Ke depan, semoga terus bisa bersinergi dengan Baznas RI," katanya.

Baca juga: Baznas menerima bantuan kemanusiaan untuk Palestina Rp10 miliar
Baca juga: Zakat efektif mengatasi masalah stunting

Pewarta: Sutarmi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023