Naskah-naskah kuno itu merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan disimpan di perpustakaan
Samarinda (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur berupaya menyelamatkan sejumlah naskah kuno untuk dijadikan sarana pembelajaran bagi generasi muda.

Kepala Bidang Deposit, Pelestarian, dan Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan DPK Kaltim, Endang Effendi menjelaskan sejumlah naskah kuno yang ada di Kaltim berbentuk tulisan di atas daun lontar atau kitab yang ditulis dalam bahasa Melayu, Jawa, Arab, atau Sanskerta.

Baca juga: Tim Filolog UI bantu identifikasi Naskah Kuno di Bogor

"Naskah-naskah kuno itu merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan disimpan di perpustakaan," kata Endang Effendi di Samarinda, Kamis

Ia menyebutkan, naskah-naskah kuno tersebut memiliki nilai sejarah, budaya, dan ilmiah yang tinggi.

Endang mengungkapkan pada tahun 2024 mendatang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim melalui program-program khusus untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna menyelamatkan dan melestarikan naskah kuno yang wajib disimpan di perpustakaan daerah.

Ia mengatakan proses penyelamatan naskah kuno tersebut melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemilik naskah, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

Untuk itu katanya DPK Kaltim memberikan bantuan berupa fasilitas, perlengkapan, dan tenaga ahli untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan dan menginventarisasi naskah-naskah kuno tersebut.

Baca juga: Tulungagung simpan dua naskah kuno berbahasa Bali dan Jawa Kuno

"Kami juga memberikan insentif berupa sertifikat, piagam, atau bantuan lainnya kepada pemilik naskah yang bersedia menyerahkan naskah kuno mereka ke perpustakaan," katanya.

Endang menambahkan bahwa DPK juga berupaya mengembangkan koleksi naskah kuno tersebut dengan cara melakukan penelitian, penerjemahan, transkrip, publikasi, hingga digitalisasi.

Tujuannya adalah untuk memudahkan akses dan penggunaan naskah kuno oleh masyarakat, khususnya para peneliti, mahasiswa, dan pelajar.

"Kami berharap dengan adanya program penyelamatan naskah kuno ini, masyarakat dapat lebih menghargai dan memanfaatkan naskah kuno sebagai sumber pengetahuan dan inspirasi," kata Endang.

DPK Kaltim mengumpulkan naskah kuno karena berharap generasi muda Kaltim dapat mengetahui sejarah serta menjadikan sejarah sebagai sarana pembelajaran bagi generasi muda.

Baca juga: Perpusnas: 19.726 naskah kuno di Indonesia sudah dilindungi

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023