Festival Mural Medan 2023 digelar selama tiga hari pada 17 sampai 19 November mendatang....
Medan (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar Festival Mural Medan 2023 di Flyover (Jalan Layang) Amplas, Jalan Sisingamangaraja Medan yang diikuti oleh 46 seniman dari delapan negara.

"Festival Mural Medan 2023 digelar selama tiga hari pada 17 sampai 19 November mendatang," ujar Sekretaris Dispar Kota Medan Vianti Dewi Nasution, di Medan, Kamis.

Pihaknya memaparkan setiap perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkot Medan diminta untuk menyukseskan Festival Mural Medan 2023.

Festival mural ini merupakan wadah kreativitas bagi anak muda yang juga pelaku ekonomi kreatif, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution sangat fokus mengembangkan bakat mereka.

"Festival Mural Medan 2023 ini tidak hanya berlangsung di Flyover Amplas, tetapi juga di Taman Budaya dan eks Taman Ria Medan," kata Vianti pula.

Ia menyebutkan ada 17 seniman mural lokal, 18 seniman nasional, dan 11 seniman internasional yang akan mengikuti festival mural dari delapan negara ini.

Rangkaian kegiatan Festival Mural Medan 2023 ini, di antaranya gala dinner bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, art exhibition, city tour, dan panggung hiburan diisi live musik.

"Ada juga lomba mewarnai untuk anak-anak serta pameran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), ekonomi kreatif, fesyen dan kriya," ujar Vianti lagi.

Bobby Septian, perwakilan event organizer menjelaskan dalam festival mural ini para seniman bebas menciptakan gaya karya seni dalam menggambar seni mural dan grafiti.

"Seniman nanti mengangkat tema collaboration, dan aksi kolaborasi. Selain itu, juga mengangkat tema etnik, kultur, Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara," katanya pula.
Baca juga: Kompolnas: Festival mural Polri bentuk penghormatan pada HAM
Baca juga: Festival Mural di Tangerang diikuti seniman lokal hingga mancanegara


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023