Kami sangat mendukung karena itu bisa meningkatkan kedatangan wisatawan ke Medan.
Medan (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Medan mendukung penuh rencana PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk menambah rute Pelabuhan Belawan-Batam dengan KM Kelud.

"Kami sangat mendukung karena itu bisa meningkatkan kedatangan wisatawan ke Medan," kata Kepala Dinas Pariwisata Medan Yuda Setiawan, di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis.

Yuda melanjutkan, dengan bertambahnya pelayaran dari Batam, potensi penambahan kunjungan turis terutama mancanegara ke Medan semakin besar.

Dengan begitu, pariwisata Medan pun diharapkan semakin dikenal luas oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Ujungnya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Medan berpotensi bertambah.

"Wisatawan bisa menikmati objek-objek wisata Medan. Mereka pun dapat berbelanja di sini. Itu menjadi bagian dari promosi wisata Medan," kata Yuda.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terus mengkaji kemungkinan penambahan rute Belawan-Batam sebanyak dua kali seminggu, dari sebelumnya sekali, dengan KM Kelud demi memfasilitasi tingginya permintaan penumpang.

PT Pelni Cabang Medan pernah menyatakan bahwa nyaris 75 persen penumpang kapal PT Pelni dari Belawan adalah mereka yang menyeberang ke Batam.

Sebelumnya, Vice President Pemasaran Non-Komersial PT Pelni Presda Simangasing telah menyatakan bahwa dirinya sepakat dengan rencana penambahan rute Belawan-Batam tersebut.

Nantinya, ketika sudah disepakati oleh petinggi PT Pelni (Persero), kajian soal penambahan rute itu akan diajukan ke pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, agar dapat direalisasikan.
Baca juga: Pelni Medan: Perawatan KM Kelud untuk kenyamanan pelanggan
Baca juga: Pelni Medan: KM Kelud "baru" akan tiba di Belawan pada Senin


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023