sampai hari ini sudah 218 KK atau sekitar 671 jiwa yang telah menerima distribusi air bersih
Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah terus menyuplai air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan di Kabupaten Banggai Kepulauan.
 
Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus di Palu, Jumat mengatakan hingga Kamis malam (9/11) pihaknya telah menyalurkan air bersih sebanyak 195.000 liter.
 
"Penyaluran air bersih terus kami salurkan kepada warga yang membutuhkan, agar kebutuhan air warga bisa tetap terpenuhi," katanya.
 
Ia mengatakan penyaluran air bersih tersebut dilakukan pihaknya di dua lokasi berbeda yaitu Desa Alul dan Desa Sosom, Kecamatan Bulagi.
 
Akris menjelaskan penyaluran air bersih sudah dilakukan oleh BPBD Sulteng dalam beberapa hari terakhir akibat kekeringan yang terjadi sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih.
 
"Kami terus mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak kekeringan, sampai hari ini sudah 218 KK atau sekitar 671 jiwa yang telah menerima distribusi air bersih," katanya.

Baca juga: BPBD: 5.543 jiwa terdampak kekeringan di Desa Jaya Bakti Banggai
Baca juga: Kemarau Ancam Tanaman Jagung di Kabupaten Banggai
 
Ia menjelaskan pendistribusian air bersih dilakukan oleh personel gabungan dengan menggunakan satu mobil tangki BPBD Sulteng, satu mobil tangki PDAM, satu mobil tangki PMI, dan satu mobil tangki Damkar kabupaten setempat.
 
Meski demikian, dia mengemukakan bahwa berdasarkan hasil asesmen sementara, warga terdampak kekeringan di kabupaten setempat semakin meluas dengan sebanyak 1429 KK atau 4177 jiwa mengalami krisis air bersih.
 
"Sementara kendala akses jalan ke Desa Alul yang rusak mengakibatkan proses pengambilan dan pendistribusian air memakan waktu yang lama," katanya.
 
Ia mengatakan hingga saat ini personel gabungan di lapangan masih terus mengoptimalkan pendistribusian bersih ke warga terdampak secara bergiliran.
 
Selain Desa Alul dan Desa Sosom di Kecamatan Bulagi, kata dia, Desa Kamba, Desa Tolo, Desa Lalanday, Desa Montomisan dan Desa Tolon, juga mengalami krisis air bersih.
 
Selain itu juga Desa Momotan, Desa Unu, Desa Mangais, Desa Palabatu Satu, dan Desa Pipilogot Paipaisu di Kecamatan Bulagi Selatan dan Desa Ombuli, Desa Minanga, Desa Koyobunga dan Desa Luk Panenteng di Kecamatan Luk Panenteng.

Baca juga: Akibat kekeringan warga tujuh desa di Sigi butuhkan bantuan air
Baca juga: BPBD Boyolali bantu air di daerah kekeringan hingga akhir November
Baca juga: Trenggalek distribusikan air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023