...lancar, tidak ada kendala."
Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 25 Kantor Pos di Kota Bandung memulai penyaluran uang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Senin, bagi rumah tangga sasaran pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

"Pencairan BLSM bisa dilakukan di Kantor Pos manapun di Kota Bandung ini, penerima harus memperlihatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)," kata Kepala Humas Kantor Pos Besar Bandung, Hikmat Sadudin, di Bandung, Senin.

Kota Bandung merupakan kota dan daerah pertama di Jawa Barat menerima BLSM tahap pertama pascakenaikan harga BBM pada Jumat pekan lalu. Sedangkan penyaluran BLSM di daerah lainnya di Jabar akan menyusul kemudian.

Hikmat menyebutkan, target RTS penerima BLSM di Kota Bandung sebanyak 61.255 keluarga dengan total BLSM senilai Rp12,676 miliar.

Namun pencairan pada hari pertama belum seluruhnya dicairkan oleh masyarakat, tercatat baru sebanyak 2.431 RTS dengan total anggaran yang dicairkan senilai Rp729,3 juta.

"Penyaluran dana BLSM di semua Kantor Pos terdekat, mudah-mudahan besok bisa tuntas," katanya.

Hikmat menyebutkan pencairan BLSM di Kota Bandung sudah bisa dilakukan di semua kecamatan atau di 30 kecamatan di Kota Kembang itu.

"Hari pertama penyaluran BLSM terbilang lancar, tidak ada kendala. Semua sudah tahu pencairan di Kantor Pos, tidak lagi terpusat seperti BLT beberapa tahun lalu," katanya.

BLSM tahap pertama yakni untuk periode Juli dan Agustus senilai Rp300 ribu, jadi setiap bulannya Rp150 ribu.

Sementara itu berdasarkan data di Kantor Pos, jumlah penerima BLSM di Jawa Barat sebanyak 2,6 juta jiwa dengan total dana yang disalurkan senilai Rp784,74 miliar. Kabupaten Cianjur merupakan daerah terbanyak penerima BLSM yakni untuk 211.066 RTS dengan jumlah anggaran senilai Rp63,31 miliar.

Sementara itu penyaluran BLSM di sejumlah kantor pos tidak terjadi antrean seperti penyaluran BLT, kecuali di Kantor Pos Besar yang melayani Kecamatan Sumur Bandung dan Andir sempat terjadi antrean yang cukup panjang.

"Hasil pantauan penyaluran BLSM di Kantor Pos Besar Bandung memang cukup sibuk, namun di kantor pos lainnya tidak ada antrean. Mudah-mudahan lancar hingga besok," kata Juru Bicara Kantor Pos Besar Bandung itu menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013