sisa pengerjaan tinggal mempercantik
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah menyelesaikan pengerjaan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Ketel, Ancol, Pademangan, dekat gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol, hingga menembus langsung sisi plaza utara Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara

Wartawan ANTARA  berkesempatan menjajal jembatan dengan panjang 350 meter dan lebar 6 meter yang konstruksinya sudah tersambung dari pintu masuk di Jalan Ketel, Ancol, menuju JIS pada Jumat.

Dari papan informasi proyek disebutkan sisa-sisa pengerjaan yang belum selesai antara lain pemasangan hiasan Piala Dunia FIFA U-17, penyambungan talang air di seluruh badan jembatan, pengecatan, pemasangan rambu-rambu, serta perbaikan akses disabilitas di area plaza JIS.

Disebutkan juga kalau sisa pengerjaan tinggal mempercantik  (beautification) yang akan dikerjakan setelah Piala Dunia U-17 di JIS selesai.

Adapun turnamen dunia itu sendiri berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember.

Proyek JPO JIS dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hadirnya JPO yang menyeberangi Kali Ancol itu menambah akses bagi warga yang ingin menonton pertandingan sepak bola dari arah utara melewati  lahan eks Kampung Bayam.


Pekerja proyek mengelas besi isian talang air di Jembatan Penyeberangan Orang Ancol - Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (10/11/2023). ANTARA/Abdu Faisal

Diketahui pembangunan jembatan bernilai sekitar Rp95,5 miliar.
 
JPO tersebut rencananya akan digunakan sebagai penghubung antara tempat parkir yang berada di gerbang karnaval dengan daya tampung sekitar 1.200 kendaraan roda empat dan 700 kendaraan roda dua.

Namun, belum terlihat gerbang pemindai tiket di kedua sisi jembatan sebagaimana di gerbang JIS di seberang gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara di wilayah Kelurahan Sunter Agung.

Dikhawatirkan, penonton yang tidak membawa tiket bisa memasuki kawasan plaza JIS padahal dari sisi lain sudah dilakukan sterilisasi oleh pihak FIFA.
Baca juga: Pemprov DKI tuntaskan penataan jalan beton untuk Piala Dunia U-17
Baca juga: Polda Metro Jaya fokus amankan JIS dan GBK saat Piala Dunia U-17
Baca juga: Menparekraf ajak wisatawan asing saksikan Piala Dunia U-17 di Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023