Jakarta (ANTARA) - Tim putri TNI AU menjuarai putaran reguler pertama atau Pul EE Livoli Divisi Utama 2023 usai menundukkan TNI AL dengan skor 3-0 (25-16, 25-21, 25-22), pada laga final putri yang berlangsung di Indoor Stadium Indomilk Sport Center, Legok, Kabupaten Tangerang, Jumat.

Pelatih TNI AU, Alim Suseno mengaku lega tim asuhannya mampu meraih gelar juara Pul B dan sekaligus lolos ke final four. Pasalnya, Hany Budiarti dkk. pernah mengalami kekalahan telak dalam tiga set langsung atas Kharisma.

"Saya sempat khawatir permainan anak-anak akan seperti ketika kita kalah atas Kharisma dengan 0-3. Tapi alhamdulillah anak-anak bisa bermain bagus," kata Alim Suseno.

Menurutnya, anak asuhnya bermain lebih tenang dan kompak melawan TNI AL. Kepercayaan diri para pemain TNI AU cukup baik pada laga final.

Sementara itu, manajer tim TNI AU, Mayor Firsto L. Ch. Linun, kemenangan di laga final atas TNI AL merupakan kemenangan ketiga beruntun sepanjang tahun ini.

Baca juga: Tim putri TNI AU segel tiket ke final four Livoli Divisi Utama

"Pertama mereka kalah pada turnamen Piala Panglima, kedua di babak penyisihan Pul EE, dan terakhir di final. Dan semuanya kita menang 3-0," kata Firsto.

Sedangkan pelatih TNI AL, M. Anshori mengakui kalau anak asuhnya kurang percaya diri jika menghadapi TNI AU.

"Enggak tahu bagaimana situasi di lapangan. Tapi perasaan mereka langsung kurang percaya diri jika bertemu TNI AU," kata Anshori.

Hasil runner-up di Pul B, sudah cukup menggembirakan bagi Anshori. Karena, tambahnya lagi, timnya itu ditargetkan lolos final four.

Sementara pada perebutan tempat ketiga antara BIN O2C dan Kharisma Premium, dimenangkan BIN O2C dengan skor 3-1 (25-20, 13-25, 25-22, 25-16). Kemenangan BIN O2C itu sekaligus menyelamatkan klub yang baru promosi ke divisi utama itu selamat dari jurang degradasi.

Sedangkan bagi Kharisma, kekalahan itu membuat tim asuhan Agus Irawan itu harus terkena degradasi ke Livoli Divisi Satu pada musim depan.

Selain menerima piala, tim juara juga menerima hadiah uang pembinaan. Sebagai juara pertama, TNI AU menerima uang pembinaan sebesar Rp 20 juta, juara kedua TNI AL menerima sebesar Rp 15 juta. Sedangkan juara ketiga BIN O2C mendapat Rp 12,5 juta, dan keempat Kharisma Rp 10 juta.

Baca juga: Tim putri TNI AL amankan satu tiket ke final four Livoli Divisi Utama
Baca juga: Kharisma Premium buat TNI AU bertekuk lutut lewat kemenangan tiga set

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023