Raja Ampat, Papua (ANTARA) - Raja Ampat tersohor sebagai kabupaten di Provinsi Papua Barat yang menghadirkan keindahan alam yang begitu menawan. Dari 4,6 juta hektare luas area Raja Ampat, tersembunyi “surga” dunia yang mampu menarik hati siapa saja yang melancong ke sana.

Surga tersebut bernama Kali Biru, sebuah sungai dengan air jernih yang memancarkan warna biru dari dasarnya. Kali Biru terletak di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat.

Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menyewa perahu warga lokal berisi tujuh orang penumpang, Perahu akan membelah Teluk Mayalibit selama sekitar 15 menit.

Baca juga: UNESCO Global Geopark sebut Raja Ampat pulau terindah

Para pengunjung berenang di Sungai Kali Biru yang terletak di Distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat, Papua. ANTARA/Sella Panduarsa Gareta/am.

Selama perjalanan di atas perahu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pulau-pulau sekitar bernuansa hijau nan asri.

Setelah perahu menepi, pengunjung perlu berjalan kaki menyusuri sungai-sungai kecil beralaskan kerikil untuk masuk ke dalam hutan. Tidak hanya pemandangan asri berupa pohon-pohon besar nan rindang, pengunjung juga dapat mendengar suara-suara alam penghuni hutan yang memecah keheningan.

Tanpa terasa, perjalanan sepanjang 400 meter atau sekitar 30 menit menjadi sangat menyenangkan. Terlebih, ketika sampai di lokasi Kali Biru yang menyuguhkan pesona sungai menyala karya Tuhan Yang Maha Esa.

Para pengunjung dapat langsung melompat ke dalam air dan berenang di lokasi yang diperbolehkan. Sungai Kali Biru memiliki kedalaman sekitar lima meter, namun di beberapa bagian kedalamannya 1,5 meter hingga 3 meter.

Para pengunjung berenang di Sungai Kali Biru yang terletak di Distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat, Papua. ANTARA/Sella Panduarsa Gareta/am.

Air Sungai Kali Biru yang memancarkan warna cenderung hijau toska yang jernih memudahkan para pengunjung melihat bagian dasar sungai. Ketika menyentuh tubuh, pengunjung akan merasakan sejuk dan segarnya, karena suhu air sungai itu terjaga di 10-20 derajat celcius.

Para pengunjung diperbolehkan berenang selama 30-35 menit. Pengunjung juga diminta tetap menjaga kelestarian alam dan menghormati bagian tempat yang dianggap sakral bagi penduduk setempat.

Kali Biru dapat menjadi pilihan para pencinta jalan-jalan dan petualangan untuk menjelajah pesona Indonesia. Tunggu apa lagi, siapkan anggaran dan waktu untuk menelusuri surga dunia di Kali Biru.

Baca juga: Peluang usaha di kejernihan Kali Biru dan masalah pariwisata Papua

Baca juga: Kali biru Raja Ampat mulai dikunjungi wisatawan domestik

Baca juga: Kali Biru destinasi wisata sungai Raja Ampat yang memesona


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023