Jakarta (ANTARA) - TransJakarta menyediakan 11 rute layanan transportasi untuk warga yang ingin menonton Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

“Untuk layanan reguler ada 196 unit armada TransJakarta baik itu single bus, medium bus hingga mikrotrans,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo dalam pernyataannya di Jakarta, Sabtu.

Menurut Wibowo, layanan tersebut meliputi Senen-JIS (14), Juanda-JIS (14A), Tanjung Priok-Senen via JIS, Stasiun LRT Pegangsaan Dua–JIS (12P), Tanjung Priok – Jembatan Item (JAK77) dan Terminal Tanjung Priok-Ancol Barat (JAK88).

Selanjutnya, ada rute Terminal Tanjung Priok-Taman Kota Intan (JAK89), Terminal Tanjung Priok-Rusun Kemayoran (JAK90), Taman Waduk Papanggo-Kota Tua (JAK118) dan Terminal Muara Angke-JIS (JAK120).

Selain itu, ada 35 unit bus Low Entry (LE) dengan tarif Rp0 sebagai "shuttle bus" (pengumpan) yang akan mengantarkan dengan rute Jakarta International Expo-C3 Kemayoran-JIS. Fasilitas tersebut tersedia 11-24 November 2023 dengan waktu operasi 12.00-23.00 WIB.

TransJakarta juga memfasilitasi para panitia, relawan serta media dengan transportasi dari C3 Kemayoran menuju JIS, pada tanggal 9-24 November 2023.

Baca juga: Polisi: 1.019 personel amankan pertandingan PD U-17 di JIS
Baca juga: DKI siapkan rekayasa lalin di sekitar JIS pada Piala Dunia U-17 2023


Selain TransJakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain, seperti Jakarta Experience Board (JXB) turut menyediakan fasilitas berupa pusat informasi bagi media untuk meliput acara Piala Dunia U-17 2023. Hal itu sebagai bentuk dukungan mereka pada acara berskala internasional itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui dinas-dinas terkait mempersiapkan sejumlah hal dalam perhelatan tersebut, seperti rekayasa lalu lintas di tiga titik, yaitu Simpang Perlintasan bidang KA Jalan Sunter Permau Raya-Jalan RE Martadinata.

Selanjutnya Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya dan Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Selain itu Pemprov DKI menyiapkan JIS sebagai arena bertanding, serta GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, dan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sebagai arena untuk latihan.

Piala Dunia U-17 tahun 2023 adalah ajang Piala Dunia ke-19 yang diselenggarakan di Asia Tenggara untuk pertama kalinya dan diikuti oleh 24 negara. Antara lain Inggris, Ekuador, Burkina Faso, Maroko, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Senegal, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Polandia dan Prancis.
 

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023