Kudus (ANTARA News) - Proses perbaikan jalan di Jalur Pantura Timur, tepatnya di kilometer 46,850 hingga 47,450 mulai dikebut agar siap dilalui kendaraan saat musim mudik Lebaran 2013.

"Sesuai kontrak, proyek peningkatan kualitas jalan dengan pembetonan sepanjang 600 meter dengan lebar jalan 15 meter tersebut dikerjakan mulai Maret dan berakhir pada November 2013," kata Kepala Kantor Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Trengguli - Kudus - Pati - Batas Kota Rembang, Suwito, ketika dihubungi lewat telepon dari Kudus, Selasa.

Meskipun target pengerjaan hingga November 2013, kata dia, pada H-10 Lebaran, diharapkan sudah bisa dilalui kendaraan dengan lancar.

Perbaikan di Pantura yang lokasinya di Kecamatan Jati, Kudus, dan berdekatan dengan Terminal Induk Jati Kudus tersebut memang sering rusak karena menjadi akses utama kendaraan dari arah Semarang menuju Surabaya atau sebaliknya.

Dengan peningkatan kualitas pembetonan menjadi berketebalan 31 centimeter diharapkan tidak lagi mudah rusak.

Anggaran perbaikan berasal dari APBN senilai Rp6,7 miliar.

Kendala utama dalam pengerjaan proyek tersebut antara lain cuaca yang tidak menentu.

Selama perbaikan, kendaraan dari arah Semarang bisa menggunakan jalur alternatif melalui Jalur Lingkar Kudus untuk menghindari kemacetan.

Peningkatan struktur jalan juga dilakukan di Jalur Kudus-Demak, juga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak karena terdapat retakan panjang.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013