Jakarta (ANTARA) -
Memasuki tahun 2024 atau saat pergantian tahun biasanya tren fesyen juga akan mengikuti perkembangan selera penikmatnya. Tidak hanya baju, bawahan seperti celana juga tak lekang oleh perubahan tren.
 
Berikut tren gaya celana yang akan tetap eksis di tahun 2024 menurut beberapa penata gaya, yang dikutip laman Insider, Sabtu (11/11).
 
1. Celana kargo
 
Celana kargo dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai alternatif denim yang lebih nyaman, menurut Gillian McHattie, penata gaya dan manajer tim gaya di Stitch Fix .
 
“Daya tariknya tidak dapat disangkal, karena memancarkan kesan kontemporer dan santai, menjadikannya pakaian yang wajib dimiliki untuk lemari pakaian bergaya apa pun di tahun 2024,” katanya kepada Insider.

Baca juga: Beda pemakai celana jin di Indonesia dan Amerika Serikat
 
2. Dad jeans atau jeans longgar.
 
Saatnya beralih dari jeans ibu (mom jeans) yang meruncing dan memberi ruang untuk jeans ayah (dad jeans) yang lebih longgar, menurut McHattie.
 
Berbeda dengan mom jeans, jeans ayah gayanya lebih longgar di bagian kaki dan tidak meruncing di bagian pergelangan kaki.
 
“Bagi mereka yang mencari siluet yang lebih santai dan berkaki lebar, saya sarankan memilih dad jeans,” kata sang stylist.
 
3. Celana berkaki lebar untuk semua bentuk tubuh
 
Celana berkaki lebar akan terus menjadi tren di tahun 2024, menurut penata gaya pribadi dan salah satu pendiri Amour781 Ashley Full.
 
Gayanya mencakup beragam siluet untuk berdandan naik atau turun, seperti jeans berkaki lebar atau celana panjang sedang.
 
"Mereka akan terus mendapatkan momen tahun depan karena ini benar-benar tampilan yang bagus untuk berbagai tipe tubuh," kata Full.
 
4. Celana metalik
 
Fesyen metalik muncul di seluruh runway 2023 dan diprediksi akan menjadi pilihan baru celana statement tahun depan, menurut McHattie.
 
"Pakai celana perak metalik dengan bodysuit hitam ramping untuk acara malam berikutnya dan saksikan akan ada banyak kepala menolehnya," kata stylist itu. 

Baca juga: Lenzing-Kaihara perkenalkan koleksi kapsul denim premium terbaru
 
 
5. Celana performa
 
Menurut Sanja Kovacevic, penata busana yang bekerja dengan DUER, pakaian pertunjukan yang terinspirasi dari atletik telah memasuki mode konvensional.
 
Celana performa, khususnya, adalah pilihan serbaguna dan nyaman.
 
“Sekarang Anda dapat menemukan fitur teknis seperti kain dengan daya regangan tinggi dan menyerap kelembaban pada denim atau celana panjang sehari-hari,” kata Kovacevic.
 
Ia melihat semakin banyak orang yang mengikuti tren tersebut pada tahun 2024.
 
6. Celana lipit
 
"Celana panjang berlipit yang longgar adalah bahan pokok yang sempurna untuk lemari pakaian Anda di tahun 2024," kata McHattie.
 
Ini dapat ditata dengan mulus untuk bekerja dan akhir pekan.
 
7. Tren Cuffed jeans yang berkembang pesat
 
Jeans dengan lipatan besar sedang naik daun, menurut McHattie.
 
Hal yang menarik dari model celana ini adalah tidak selalu memerlukan pembelian baru.
 
“Saya selalu mencari cara-cara inovatif untuk memberikan kehidupan baru pada denim, terutama jika denim tersebut dapat menyatu dengan pakaian klien saya yang sudah ada,” tambah sang stylist.
 
Sementara itu, beberapa tren celana yang akan memudar seiring memasuki tahun 2024 adalah sweatpants.
 
“Celana olahraga pasti sudah tidak ada lagi, dan saya pikir itulah mengapa kita melihat denim mengalami perubahan dengan bahan yang lebih lembut pada tahun 2024,” kata Full kepada Insider.
 
Selain itu, tren celana jeans ultra skinny dan celana berpinggang tinggi atau high rise juga akan mulai ditinggalkan menurut para stylist.
 
Stylist merekomendasikan untuk menggunakan celana panjang berpinggang menengah hingga rendah pada tahun 2024.
 
"Di runway , kami melihat low-rise perlahan-lahan merayap kembali. Mid-rise sangat bagus jika tubuh Anda lebih pendek," ucap penata gaya Apodaca.

Baca juga: Nostalgia "The Simpsons" dalam koleksi denim

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023