Tasikmalaya (ANTARA News) - Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai disalurkan pemerintah pada Juli 2013.

"Dana BLSM bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dipastikan akan turun awal bulan juli ini," kata Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, kepada wartawan, Selasa.

Ia menuturkan, berdasarkan data yang dilansir pemerintah pusat, masyarakat Kabupaten Tasikmalaya tercatat 130 ribu kepala keluarga yang berhak menerima BLSM.

Ia mengungkapkan, besaran uang tahapan pertama yang akan disalurkan Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp41 miliar yang akan dibagikan masing-masing keluarga Rp300 ribu per dua bulan.

"Bulan Juli nanti dana BLSM akan diberikan kepada masyarakat masing-masing sebesar Rp150.000 diberikan lagi bulan berikutnya," katanya.

Ia mengungkapkan kecewa dengan pendataan yang dilakukan pemerintah pusat melalui Badan Pusat Statistik (BPS) yang tidak melibatkan aparatur pemerintah daerah.

Ia khawatir, hasil pendataan pemerintah pusat itu menimbulkan kekecewaan terhadap masyarakat yang benar miskin tetapi tidak mendapatkan BLSM.

"Kami tidak bisa berbuat banyak jika ternyata di lapangan terdapat gejolak masyarakat tidak terdata sebagai penerima bantuan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013