Kami harapkan dukungan dari masyarakat dan harapannya dapat bersama- sama mengawasi proses pendistribusian BLSM Tahap Kedua ini, serta pelaksanaan Program Kompensasi lainnya seperti Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Raskin,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono meninjau penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua di Kantor Pos Tebet Barat guna memastikan kelancaran di lapangan.

"Sejauh ini hasil peninjauan dan laporan yang kami terima penyaluran BLSM tahap kedua berlangsung dengan lancar," kata Agung Laksono usai melakukan peninjauan di Jakarta, Selasa.

Agung menjelaskan, bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang telah menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dapat melakukan pengambilan di Kantor Pos yang ditunjuk sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dengan membawa KPS dan identitas lainnya.

"Kami harapkan dukungan dari masyarakat dan harapannya dapat bersama- sama mengawasi proses pendistribusian BLSM Tahap Kedua ini, serta pelaksanaan Program Kompensasi lainnya seperti Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Raskin," katanya.

Dia menambahkan, terkait dengan pendistribusian BLSM tahap pertama hingga saat ini mencapai 92 persen.

"Sampai saat ini pendistribusian Tahap Pertama telah mencapai 92,96 persen atau menjangkau 14,4 juta rumah tangga sasaran dari total 15,5 juta rumah tangga sasaran," katanya.

Capaian itu belum memasukkan wilayah Papua dan Papua Barat yang pendistribusian tahap pertama akan dilakukan sekaligus dengan pendistribusian tahap kedua.

Jika Papua dan Papua Barat dimasukkan dalam perhitungan, presentasi pembagian BLSM 2013 akan meningkat," katanya.

Agung menjelaskan, terkait dengan evaluasi pelaksanaan BLSM tahap pertama meskipun banyak mendapatkan sorotan masyarakat, proses pendistribusian telah berlangsung dengan lebih baik dibandingkan dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2005 dan 2008.

(W004/Y008)

Pewarta: Wuryanto P
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013