Kami BNPB bersama Menko PMK sebagai representasi pemerintah pusat akan hadir memberikan dukungan langsung kepada pemerintah Kabupaten Puncak atas bencana kekeringan. Semoga dukungan itu dapat meringankan beban saudara kita di sana
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dijadwalkan menyalurkan bantuan penanganan kekeringan di Kabupaten Puncak, kawasan Pegunungan Tengah, Provinsi Papua Tengah.

“Kami BNPB bersama Menko PMK sebagai representasi pemerintah pusat akan hadir memberikan dukungan langsung kepada pemerintah Kabupaten Puncak atas bencana kekeringan. Semoga dukungan itu dapat meringankan beban saudara kita di sana,” Kepala BNPB Suharyanto dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin.

Mantan Pangdam V Brawijaya itu juga akan membawa dan menyerahkan langsung dukungan logistik serta peralatan kepada pemerintah daerah setempat.

Mereka sebagai representasi pemerintah pusat akan bertolak ke Kabupaten Papua Tengah pada Rabu (2/8) dini hari.

Adapun rincian dukungan yang akan diserahkan oleh Kepala BNPB itu meliputi; makanan siap saji 10.000 paket, rendang kemasan 3.000 paket, susu protein 3.000 paket, sembako 3.000 paket.

Selanjutnya tenda gulung 2.000 paket, selimut 10.000 lembar, matras 2.000 lembar, kasur lipat 2.000 buah, pakaian anak 2.000 setel, pakaian dewasa 2.000 setel, tenda pengungsi 4 unit, genset listrik 20 unit, motor trail 3 unit dan beras 50 ton.

Pendistribusian logistik dan peralatan dari BNPB kepada masyarakat terdampak kekeringan akan dibantu oleh TNI dan Polri, mengingat kondisi medan yang berat dan hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua serta helikopter.

Meskipun demikian akan dipastikan bahwa bantuan pemerintah tersebut sampai di tangan masyarakat yang membutuhkan, demikian Suharyanto.


Baca juga: Dua distrik di kabupaten Puncak mengalami bencana kekeringan

Baca juga: Panglima TNI kirimkan bantuan sosial bagi masyarakat Kabupaten Puncak

Baca juga: Faktor Keamanan hambat bantuan logistik ke dua distrik di Papua Tengah

Baca juga: Kemensos salurkan bansos kebutuhan dasar bagi warga Puncak Papua


Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023