Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Prancis U-17 mengamankan tiga poin seusai menekuk timnas Burkina Faso U-17 dengan skor 3-0 dalam pertandingan pembuka Grup E Piala Dunia U-17 (FIFA World Cup U-17).

Pada pertandingan yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Minggu, Les Bleus membekuk Burkina Faso tiga gol tanpa balas.

Prancis memperoleh peluang emas di menit ke-15 lewat sepakan Issoufou namun mampu ditangkap kiper Burkina Faso Isidore.

Menit ke-23, Burkina Faso mengancam pertahanan Prancis namun umpan silang dari Bougma gagal disambut oleh Emmanuel Ouedraogo.

Burkina Faso kembali memperoleh peluang, tangkapan kiper Prancis Paul Argney yang kurang sempurna hampir bisa dimanfaatkan Idrissa Sore yang melepaskan sepakan luar kotak penalti di menit ke-27. Burkina Faso terus menggempur tim Les Bleus, kali ini tembakan Emmanuel di menit ke-34 mampu dibendung pertahanan Perancis.

Di menit ke-44, pergerakan solo run dari Tidiam Gomis yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Isidore. Hingga akhir babak pertama tidak ada peluang yang tercipta diantara kedua tim.

Membuka babak kedua tim asuhan pelatih Jean Luc Vannuchi langsung tancap gas. Hasilnya di menit ke-47, sontekan Mathis Lambourde membawa Perancis ungggul 1-0.
 
Pesepak bola timnas Prancis Saimon Bouabre (kiri) terjatuh saat berebut bola dengan pesepak bola timnas Burkina Faso Arouna Outtara (tengah) pada laga penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Minggu (12/11/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.

Baca juga: Burkina Faso ingin selesaikan tujuh laga Piala Dunia U-17

Menit ke-51 tembakan jarak jauh dari Amougou masih melebar di sisi kiri gawang Isidore. Burkina Faso mengancam pertahanan Prancis di menit ke-72 melalui tembakan Alio. Prancis memperoleh penalti menit ke-79 usai Lambourde dilanggar oleh pemain Burkina Faso. Joan Tincres yang menjadi algojo penalti tidak menyianyiakan peluang untuk membawa Prancis unggul 2-0.

Menit ke-82 melalui skema serangan cepat, Tincres mampu melewati kiper Isidore namun tembakan pemain akademi AS Monaco tersebut masih dapat dibendung Traore.

Prancis kembali memperoleh peluang penalti pada menit ke-86, usai Boubre dilanggar. Tendangan Tidiam Gomis gagal dihalau Isidore, Prancis unggul 3-0.

Di masa perpanjangan waktu, Tidiane Diallo mampu melesatkan bola ke gawang Isidore. Namun penyerang RC Strassbourg tersebut telah terperangkap offside.

Skor 3-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Saat ini Prancis memimpin klasemen sementara Grup E, sementara pertandingan Grup E lainnya antara Korea Selatan melawan Amerika Serikat akan berlangsung pukul 19.00 WIB

Baca juga: Grup E Piala Dunia U-17 sajikan empat gaya sepak bola

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023