Gianyar, Bali (ANTARA) - Bali United menelan kekalahan pada laga pekan ke-19 Liga 1 Indonesia setelah ditundukkan Borneo FC yang merebut tiga poin kemenangan dengan skor 1-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu malam.

Sejak babak pertama dimulai pukul 20.00 WITA, kedua tim bermain panas di tengah hujan deras mengguyur Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Bali United pada pertandingan yang dikawal wasit Amryn Dwi Suryathin itu bermain menyerang dan memiliki dua peluang gol pada menit-menit pertama.

Namun, ketatnya pertahanan tim tamu dan bola yang meleset di atas gawang belum memberikan poin bagi tim tuan rumah.

Skuad Pesut Etam, julukan Borneo FC akhirnya unggul lebih dulu 1-0 melalui tendangan penalti yang dieksekusi Felipe Cadenazzi pada menit ke-28.

Hadiah penalti diberikan kepada Borneo FC setelah wasit menilai terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain Bali United, Jajang Mulyana yang berbuah kartu kuning pertama.

Sekitar 10 menit berselang setelah gawang Bali United dibobol, Jajang Mulyana terpaksa harus keluar lapangan setelah kembali mendapatkan kartu kuning kedua.

Akumulasi sanksi menjadi kartu merah itu dijatuhkan pada menit ke-38 setelah wasit menilai pemain nomor 73 itu melakukan pelanggaran sehingga Serdadu Tridatu terpaksa harus bermain dengan 10 orang pemain.

Mendekati menit terakhir babak pertama atau pada menit ke-42, situasi di Stadion Dipta itu bertambah panas dengan sorakan penonton yang kecewa karena wasit menilai tak ada pelanggaran salah satu pemain tuan rumah tersungkur setelah perebutan bola dengan Borneo FC.

Baca juga: Borneo tak ingin lengah di kandang Bali United

Hingga kedua tim turun minum, papan skor 1-0 untuk Borneo FC.

Memasuki babak kedua, skuad Bali United langsung tanpa gas meski yang didukung 10 pemain.

Penyerang Bali United, Jefferson Assis yang masuk ke lapangan pada menit ke-46 menggantikan Rahmat Arjuna, menyamakan kedudukan 1-1 setelah memanfaatkan umpan Eber Bessa pada menit ke-50.

Beberapa kali tim tuan rumah di antaranya melalui Jefferson Assis berjuang menjebol gawang, namun gagal tereksekusi karena bola meleset tipis dari gawang yang dijaga ketata Nadeo Argawinata.

Di sisi lain, Borneo FC juga tak mau kalah, beberapa kali serangan dilakukan namun pertahanan dan serangan balik dijalankan skuad tuan rumah.

Mendekati akhir babak kedua, Borneo FC kembali menambah skor 2-1 melalui sepakan Felipe Cadenazzi pada menit ke-89 memanfaatkan umpan tendangan pojok Sihran Amarullah.

Baca juga: Bali United waspadai dua pemain Borneo FC

Hingga tambahan waktu empat menit habis, perjuangan Bali United di kandang yang disaksikan langsung 9.620 orang penonton terpaksa harus mengakui keunggulan tim tamu, 2-1.

Dengan kemenangan Borneo FC itu, skuad asuhan Pieter Huistra semakin tak terkejar dan memimpin puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan poin 41.

Sedangkan Bali United tetap berada di peringkat keempat dengan poin 33.

Susunan pemain

Bali United
: Adilson Maringga, Ardi Idrus, Elias Dolah, Ilija Spasojevic, Eber Bessa, Ricky Fajrin, Privat Mbarga, Irfan Jaya, Rahmat Arjuna, Jajang Mulyana, Mohammed Rashid.

Pelatih Kepala: Stefano Cugurra

Borneo FC: Nadeo Argawinata, Leonardo Silva Lelis, Silverio Junio Da Silva, Kei Hirose, Stefano Lilipaly, Adam Alis, Rizky Dwi Febrianto, Muhammad Fajar Faturrahman, Willem Jan Pluim, Sihran Amarullah, Felipe Cadenazzi.

Pelatih Kepala: Pieter Egge Huistra

Baca juga: Borneo menang telak 3-0 saat jamu Persik kediri
Baca juga: Bali United butuh satu pemain tambahan perkuat tim di Liga 1 Indonesia

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023