Bismillah, siap 100 persen.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto tiba di Gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Senin, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

Agus tiba di lokasi acara diantar oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Kristomei Sianturi dan jajaran pejabat Mabes TNI, antara lain Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Marsekal Muda TNI Agung Handoko.

Agus beserta rombongan yang mendampingi tiba di DPR RI pada pukul 09.41 WIB menumpang satu mobil yang sama. Dia bersama Yudo dan Listyo langsung naik ke atas ruang rapat Komisi I.

"Bismillah, siap 100 persen," kata Agus menjawab pertanyaan wartawan.

Tak lama kemudian, Agus memasuki ruang rapat Komisi I bersama Panglima TNI dan Kapolri, Kasal, dan Kasau, serta Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Mereka sempat menyapa wartawan dan berfoto bersama sebelum memulai rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan agenda penyampaian visi dan misi.

Sementara itu, Panglima TNI yang mengantar Agus menyampaikan harapannya bahwa uji kepatutan dan kelayakan pada hari ini berlangsung lancar.

"Peralihan kepemimpinan di TNI tentunya sudah merupakan hal yang biasa karena memang saya memasuki masa purnatugas 26 November dan harus dilanjutkan sehingga kepemimpinan TNI dapat keberlanjutan," kata Panglima TNI.

Baca juga: DPR dalami soal netralitas TNI di uji kelayakan calon panglima
Baca juga: Komisi I: Uji kelayakan calon Panglima TNI dalami pemilu hingga Papua


Usai mengantar Agus, Panglima, Kapolri, dan para kepala staf meninggalkan ruang rapat.

Jenderal TN Agus Subiyanto merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden RI ke DPR RI. Dia bakal menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023 atau saat Yudo tepat berusia 58 tahun.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan itu, Komisi I DPR RI mendalami visi dan misi calon Panglima TNI, kemudian menanyakan beberapa isu di antaranya terkait dengan pengamanan Pemilu 2024, netralitas TNI, dan isu terkait dengan Papua.

Jenderal TNI Agus Subiyanto sendiri baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada hari Rabu (25/10). Dia dipilih sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada tanggal 19 November 2023.

Jika nanti Agus Subiyanto terpilih sebagai Panglima TNI, masa tugasnya sebagai Kasad kurang lebih 1 bulan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023