Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (13/11) menjadi sorotan, di antaranya penetapan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI disetujui oleh Komisi I DPR RI setelah dia melewati tahapan uji kepatutan dan kelayakan.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

KPU tetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan kedua pasangan tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

KPU dilaporkan ke Bawaslu soal keterwakilan perempuan di dapil

Koalisi Masyarakat Peduli Keterwakilan Perempuan melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena dinilai melakukan pelanggaran administratif.

KPU dinilai melanggar Pasal 245 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) karena Daftar Calon Tetap (DCT) DPR dan DPRD Pemilu 2024 tidak memuat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen di setiap daerah pemilihan (dapil).

Selengkapnya baca di sini.

Komisi I setujui pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Komisi I DPR RI menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI, Jakarta, Senin.

"Komisi I DPR RI memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membacakan hasil rapat terkait dengan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Selengkapnya baca di sini.

Gibran sebut fotonya dengan anggota TNI tak berhubungan Pilpres 2024

Wali Kota Surakarta sekaligus bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka menyebut fotonya dengan sejumlah anggota TNI beberapa waktu lalu tidak berkaitan dengan pencalonannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Lah, itu sudah lama sekali," kata Gibran di Surakarta, Jawa Tengah, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Komisi I DPR sepakat bentuk Panja Netralitas TNI

Komisi I DPR RI sepakat membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI untuk mengawal Pemilu 2024.

"Komisi I juga sudah membentuk Panja Netralitas TNI. Jadi, insyaallah tidak ada keraguan untuk netralitas TNI," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid usai uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023