Jakarta (ANTARA) - Pembalap motor Indonesia Mario Suryo Aji (Honda Team Asia) mengatakan segera mengalihkan fokus menuju Moto3 Qatar yang akan bergulir di Sirkuit Losail akhir pekan ini usai berlaga di Moto3 Malaysia.

“Qatar adalah trek yang sangat berbeda dengan Sepang (di Malaysia). Saya akan tetap fokus untuk balapan akhir pekan di sana,” kata Mario, dikutip dari keterangan resmi Honda Team Asia, Senin.

Adapun Mario mengaku kurang puas dengan penampilannya di Moto3 Malaysia akhir pekan lalu. Ia memulai balapan dari P19 dan menyelesaikan balapan di posisi yang sama.

Menurut pembalap asal Jawa Timur tersebut, terdapat sejumlah masalah teknis pada motor yang cukup mengganggu performanya di rangkaian pertama dari triple header terakhir musim 2023 itu.

“Balapan di Sepang selesai tidak seperti yang kami harapkan. Baru lima lap, saya mendapat masalah besar karena suhu ban belakang meningkat melebihi batas sehingga sulit berakselerasi di semua tikungan terutama di tikungan tajam. Dengan panas ini, saya kesulitan untuk mendapatkan kecepatan,” ungkap Mario.

Meski demikian, pembalap berusia 19 tahun itu mengatakan akan mengambil pembelajaran dan terus mengevaluasi penampilannya di setiap putaran.

“Tapi saya harus mengambil pembelajaran positif akhir pekan ini. Meskipun itu belum cukup, saya meningkatkan waktu putaran saya secara signifikan dibandingkan balapan tahun lalu. Saya sangat bahagia dengan balapan saya hari ini,” ujar Mario.

Baca juga: Mario Aji tak sabar jajal tantangan di Sirkuit Sepang

Sementara itu, rekan satu timnya Furusato Taiyo juga mengalami kesulitan pada balapan di Sepang. Memulai dari P20, ia terlibat kecelakaan sehingga terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan (DNF).

“Saya memulai dengan baik, mendapatkan beberapa posisi di lap pertama, menyalip banyak pembalap dan berusaha mengejar grup terdepan. Kecepatan saya bagus, tapi saya jatuh untuk menghindari tabrakan empat pengendara. Kecelakaan itu sangat disayangkan,“ kata pembalap Jepang tersebut.

Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama pun tak menampik bahwa balapan di Malaysia berlangsung sulit bagi tim. Namun, ia dan tim tidak ingin terpuruk dalam kesedihan dan siap bangkit untuk menghadapi sisa musim 2023.

“Keseimbangan akhir pekan tidak bagus, tapi kami harus melanjutkannya akhir pekan depan di Qatar,” kata Aoyama.

Baca juga: Mario Aji ingin raih posisi grid baik demi taklukkan Moto3 Australia
Baca juga: Mario Aji bertekad maksimalkan penampilan di Moto3 Thailand


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023