Pariaman (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengharapkan Sulaman Kapalo Penitik yang merupakan kerajinan Minangkabau khas daerah setempat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.
 
"Hasil dari Baju Kuruang Sulaman Kapalo Penitik akan menjadi karya-karya yang mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Senin.
 
Ia mengatakan hal tersebut karena Pemkot Pariaman akan menjadikan salah satu kerajinan di daerah itu menjadi pakaian dinas aparatur sipil negara (ASN) di kota Tabuik tersebut.
 
Selain itu Pemkot Pariaman juga mendaftarkannya ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM) sebagai salah satu hak intelektual khas geografi daerah.
 
Menurutnya dengan kerajinan asal Pariaman tersebut terdaftar di Kemenkum dan HAM maka jika ada pihak yang akan menirunya harus membayar kepada daerah tersebut.
 
“Namun, untuk resminya tentu ada proses, semoga semua jajaran dari Pemkot Pariaman semangat untuk menyegerakan supaya keluar sertifikat kekayaan intelektual yang khas geografinya Kota Pariaman," katanya.
 
Ia juga mengharapkan penamaan kerajinan tersebut tetap dengan Kapalo Penitik karena hal itu merupakan ciri khas Minangkabau. Hal tersebut ditekankannya karena saat ini nama kerajinan tersebut sudah sering disebut dengan Kapalo Peniti.
 
Diketahui guna mencari motif Sulaman Kapalo Penitik untuk pakaian dinas ASN di Pariaman Pemkot Pariaman bersama Ketua DPRD Pariaman Harpen Agus Bulyandi melalui dana pokok pikirannya melaksanakan Lomba Desain Baju Kurung Sulaman Kapalo Penitik tingkat Kota Pariaman 2023.
 
Kegiatan puncak dari lomba yang diikuti oleh 15 desainer asal kota tersebut dilaksanakan di Pentas Utama Pantai Gandoriah pada Sabtu (11/11).
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) bakal memiliki pakaian dinas berpola sulaman kapalo penitik guna mempertahankan produk unggulan daerah serta meningkatkan perekonomian perajin dan pelaku usaha kecil menengah setempat.
 
"Saat ini desain sulaman masih dalam proses perlombaan yang diikuti oleh puluhan peserta," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Alyendra.
 
Ia mengatakan sulaman kapalo penitik merupakan produk kerajinan daerah itu yang telah ada jauh sebelum terbentuknya Kota Pariaman atau daerah itu masih tergabung ke dalam Kabupaten Padang Pariaman.
 
Ia menyampaikan produk kerajinan tersebut tidak saja dikenal di dalam daerah namun juga Sumbar bahkan nasional.
 
"Sulaman kapalo penitik hanya ada di Kota Pariaman," katanya.

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023