Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kirab Pemilu 2024 tiba di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ditandai penyerahan bendera pataka dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor kepada KPU Kabupaten Bogor.

Penyerahan bendera pataka yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Senin, dirangkaikan dengan pembacaan deklarasi damai serta penandatanganan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni menyebutkan Kirab Pemilu 2024 di hari yang sama berlangsung di tiga lokasi, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Subang.

Melalui Kirab Pemilu, KPU ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai pesta demokrasi yang saat ini sedang berlangsung.

"Kalau pesta kan bersenang-senang nih gitu, jadi kita berharap semua stakeholder merayakan dengan riang gembira dengan pesan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa," kata Ummi.
 
Kirab pemilu 2024 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). ANTARA/M Fikri Setiawan.



Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan di tempat yang sama menjelaskan bahwa Kirab Pemilu akan berlangsung selama tujuh hari dengan beragam kegiatan.

Pada hari kedua, Kirab Pemilu diisi dengan lomba orasi pemilu dan demokrasi di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) University pada pagi hingga sore hari.

Kemudian, hari ketiga pelaksanaan Gerebek Pasar di Bojonggede dan Parung. Hari keempat, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) di SMAN 1 Cibungbulang.

Lalu, hari kelima penyelenggaraan lomba ceramah santri antar pondok pesantren di Jonggol. Hari keenam diisi dengan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Curug Panjang, Megamendung.

Hari terakhir, Minggu 19 November 2023, KPU Kabupaten Bogor menyerahkan bendera pataka ke KPU Kota Depok bertempat di Alun-alun Kota Depok.

"Jadi, selama satu pekan ini full untuk kirab pemilunya," kata Herry.

Baca juga: Kirab Pemilu 2024 bukan sekadar arak-arakan bendera partai politik
Baca juga: KPU Situbondo mulai kirab 18 bendera parpol peserta pemilu

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023