wisata olahraga ini diproyeksikan mampu mendongkrak pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari target 1,2-1,4 miliar pergerakan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan hingga H-9 menjelang perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023 tingkat keterisian (okupansi) tempat penginapan di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, mencapai 50 persen.
 
“Masih ada di 50 persen,” ujar Menparekraf dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.
 
Sandi juga mengungkapkan dalam ajang sport tourism atau wisata olahraga ini diproyeksikan mampu mendongkrak pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari target 1,2-1,4 miliar pergerakan, serta 20 persen kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari target 7,4 juta kunjungan.
 
Sementara proyeksi dana yang dikeluarkan pengunjung saat menghadiri ajang yang digelar pada 22-26 November ini diperkirakan wisatawan domestik bakal menggelontorkan dana sekitar Rp2-5 juta.
 
“Sementara wisman (mengeluarkan dana) sekitar 1.500 dolar AS per pax atau per kunjungan. Ini untuk capaian devisa yang bisa tercapai 10-15 miliar dolar AS,” ujarnya.
 
Dirinya pun merekomendasikan kepada wisatawan yang ke wilayah Toba dan sekitarnya untuk menjajal kuliner khas seperti ombus-ombus, arsik ikan mas hingga naniura yang kaya rempah khas tanah Batak.

Baca juga: Pengamat: Kejuaraan Aquabike dapat tingkatkan kunjungan wisatawan

Baca juga: Bupati Samosir: Kejuaraan Aquabike Jetski dongkrak perekonomian warga


Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi dan Toba pada 22-26 November 2023 dimeriahkan pesta rakyat dengan berbagai atraksi dan pertunjukan budaya serta festival kuliner.

"Acara pembukaan juga akan dimeriahkan dengan lomba perahu naga antarkabupaten juga perlombaan antarselebritas," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono dalam keterangannya yang diterima di Medan, Sabtu (11/11).

Berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan penyelenggara kejuaraan mengharapkan Aquabike Jetski World Championship tak hanya menjadi pesta olahraga tetapi juga menjadi pesta bagi masyarakat sekitar dan para pengunjung.

Baca juga: Pesepak bola Radja Nainggolan antusias sambut Aquabike Jetski di Toba

Baca juga: Jaringan hotel BUMN pastikan kesiapan sambut Aquabike Jetski di Toba

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023