Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan tim putri, Bank Jatim, siap mengarungi kompetisi Livoli Divisi Utama 2023 meski tanpa pemain pilar Megawati Hangestri Pertiwi yang saat ini memperkuat klub Korea Selatan, Red Sparks.

Bank Jatim akan mengawali pertandingan perdana dengan melawan tim yang baru promosi Bharata Muda Jakarta akan yang berlangsung di GOR Ki Mageti, Magetan, Selasa.

"Walaupun tanpa Megawati (di turnamen kali ini), kami tetap optimis menang pada pertandingan pertama," kata pelatih Bank Jatim, Labib dilansir dari keterangan resmi, Senin.

Menurut Labib, materi kedalaman pemain Bank Jatim pada Livoli Divisi Utama tahun ini hanya berkurang Megawati saja tapi secara keseluruhan tim mempunyai kekuatan untuk mengarungi kompetisi.

Baca juga: Megawati raih gelar pemain terbaik putaran pertama Liga Voli Korea

Di sektor putri, Pul DD, selain Bank Jatim dan Bharata Muda, terdapat dua tim lain yakni Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia dan Popsivo Polwan.

Dari pul ini nantinya akan diambil peringkat satu dan dua teratas untuk masuk ke babak final four yang akan bertanding di Kediri, 1-10 Desember mendatang. Sedangkan peringkat terbawah atau ke empat terkena degradasi ke divisi satu.

Pelatih Bharata Muda, Eko Waluyo mengaku tidak gentar menghadapi sang juara bertahan dan siap bermain tanpa beban di pertandingan perdana.

"Kami main tanpa beban melawan Bank Jatim. Kami siap beri kejutan," ungkap Eko Waluyo.

Sedangkan di sektor putra, tim promosi dari divisi satu, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi juga siap memberi perlawanan kepada juara bertahan Indomaret Sidoarjo.

Baca juga: Indomaret Sidoarjo pastikan gelar juara Livoli Divisi Utama 2022

"Apapun yang terjadi kami siap memberikan perlawanan kepada Indomaret," kata asisten pelatih PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Ariyanto.

Di Pul A, selain PDAM dan Indomaret, terdapat juga dua tim yakni DPUPR Rafabinar Semen Grobogan dan Berlian Bank Jateng.

Sama dengan putri, dua tim teratas akan masuk di babak final four. Sedangkan peringkat empatnya terkena degradasi ke divisi satu.

Pelatih Indomaret, Iwan Dedi Setiawan mengaku siap menghadapi tantangan PDAM di laga perdananya.

"Apapun yang terjadi, kami juga siap menghadapi PDAM, meskipun saat ini kami banyak dihuni pemain muda," ujar Iwan.

Dua pemain senior Indomaret, Dimas Saputra dan Hernanda Zulfi tidak diturunkan pada kompetisi.

Dilansir dari laman PP PBVSI, berikut jadwal pertandingan Livoli Divisi Utama 2023, Selasa:

Putri:
14.00 WIB: Bank Jatim - Bharata Muda
16.30 WIB: Pertrokimia - Popsivo

Putra:
19.00 WIB: Indomaret - PDAM.

Baca juga: Livoli Divisi Utama akan dilangsungkan di tiga kota mulai 6 November
Baca juga: Lebih dekat dengan Livoli Divisi Utama 2023 sebelum mulai servis

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023