Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito mengatakan mengevaluasi banyak hal dari pertandingan kontra wakil Jepang Kento Momota di babak kualifikasi Kumamoto Masters 2023 di Jepang, Selasa.

Vito kalah dari Momota dalam dua gim yang berlangsung ketat dengan skor 19-21, 21-23.

“Sayang, padahal ada kesempatan untuk mengalahkan Momota. Mungkin jalannya saya belum dikasih kemenangan. Tiga angka terakhir di gim kedua yang mengantarkan Momota menang, itu karena kesalahan saya. Saya malah mati sendiri,” ungkap Vito dalam keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Vito mengatakan dari gim pertama ia menilai sudah bermain bagus dan lebih berani.

“Cuma, walaupun dari awal hingga jelang akhir saya bisa unggul, tetapi di poin-poin akhir saya malah kurang tenang, kurang konsisten. Saya banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Vito.

“Di level saya ini, satu atau dua poin itu sangat penting dan itu harus benar-benar dijaga. Di poin-poin akhir, fokus dan konsisten itu sangat penting,” ujarnya menambahkan.

Sedangkan pada gim kedua, Vito mengatakan dirinya juga sempat unggul. Namun, fokus yang sempat mengendur malah membuat Momota mengejar perolehan poin hingga memenangkan laga.

“Di gim kedua saya juga sempat unggul, sayang fokus saya sempat kendor dan terkejar. Sangat penting di poin-poin akhir. Apalagi Momota juga bermain bagus dan tak gampang mati sendiri. Saya mendapat poin lebih banyak itu bukan karena Momota mati sendiri,” jelas Vito.

Baca juga: Kevin/Rahmat makin kompak, lalui kualifikasi Kumamoto Masters

Sementara itu, hari ini terdapat tujuh wakil Indonesia yang berlaga di laga awal Kumamoto Masters 2023. Sebelumnya, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat memenangi perempat final babak kualifikasi dengan mengalahkan pasangan Chiang Chien Wei/Wu Hsuan Yi asal Taiwan. 

Selain itu, ada pula Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang akan berlaga di babak 32 besar hari ini.

Dari sektor ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga bakal tampil menghadapi wakil Jepang Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Baca juga: Pebulu tangkis Indonesia berburu gelar dan poin Olimpiade di Kumamoto
Baca juga: Rehan: Runner up Hylo Open jadi ajang pembuktian dan pembelajaran


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023