SNI akan menjadi garansi atau jaminan terhadap sebuah produk, termasuk yang dihasilkan usaha mikro, kecil, dan menengah
Padang, Sumbar (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade mengatakan produk-produk dalam negeri dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) akan lebih mudah menjangkau pasar.

"SNI akan menjadi garansi atau jaminan terhadap sebuah produk, termasuk yang dihasilkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," katanya saat sosialisasi standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam rangka peningkatan daya saing produk unggulan daerah, yang dipantau secara virtual di Padang, Sumbar, Selasa.

Apalagi, kata dia, dengan semakin berkembangnya perlindungan konsumen, maka standardisasi juga menjadi suatu keharusan terhadap produk yang dijual di pasar. Artinya, SNI menjadi garansi atau jaminan terhadap sebuah produk.

"Standardisasi dan penilaian kesesuaian ini penting karena memberi pemahaman tentang pentingnya SNI terkait dengan keamanan produk yang dihasilkan," ujar Anggota DPR RI Komisi VI tersebut.

Andre mencontohkan produk seperti helm atau pelindung kepala apabila tidak mengantongi sertifikat SNI, maka penggunaannya akan dilarang. Sebab, barang itu bisa membahayakan keselamatan penggunanya.

"Namun, bila helm tersebut bersertifikat SNI, kita mendapat jaminan bahwa produk itu telah melalui uji coba di laboratorium yang dijamin keamanannya," kata dia.

Oleh karena itu, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Minang (IKM) tersebut pun mendukung penuh program sosialisasi yang diselenggarakan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Sementara itu, Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia BSN Ghufron Zaid mengatakan penggunaan SNI terhadap produk-produk dalam negeri diharapkan semakin luas dan menyeluruh.

"Tujuannya, untuk keamanan dan meningkatkan daya saing, khususnya produk dalam negeri," kata dia.

Ia menyakini apabila produk-produk UMKM di Tanah Air menggunakan standar SNI, maka usaha yang digeluti bisa naik kelas. Kemudian, bagi pelaku usaha yang mengurus SNI juga akan mendapat kemudahan pembinaan sertifikasi terkait SNI.

"Termasuk, kemudahan pelatihan atau bimbingan teknis terkait SNI, peningkatan kualitas atau mutu dan keamanan produk UMKM," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR minta pemerintah proteksi industri baja nasional
Baca juga: DPR: SNI hasil pengolahan tembakau dorong pertumbuhan industri

Baca juga: Anggota DPR ingin BSN beri kemudahan bagi pelaku industri usaha kecil

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023