Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mochammad Bisri, menyatakan ada satu kasus cacar monyet melanda orang dewasa di daerah setempat, tepatnya di Kota Batam.

Bisri menyebut satu kasus cacar monyet tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Dinkes bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam.

"Sudah dilakukan penelusuran terhadap keluarganya, lalu diambil sampel guna mencegah agar tidak menyebar ke orang-orang di sekitarnya," kata Bisri di Tanjungpinang, Selasa.

Bisri menduga kasus cacar monyet itu terjadi akibat perjalanan ke daerah yang berisiko tinggi penularan cacar monyet, seperti Jakarta dan sekitarnya.

Menurutnya ada beberapa gejala khas cacar monyet, dimulai dari demam akut sampai tiga hari, ruam di wajah, pembesaran kelenjar getah benih hingga muncul benjolan berisi air atau nanah pada seluruh tubuh.

"Kalau sudah ada gejala seperti itu, harus segera dibawa ke dokter dan dilakukan pemeriksaan laboratorium," ujar Bisri.

Baca juga: Kadinkes sebut pasien positif cacar monyet di Batam berangsur membaik

Oleh karena itu, Bisri mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap cacar monyet, karena penyakit ini bisa menular melalui manusia bahkan hewan.

"Misalnya, dengan bersentuhan langsung," ujar Bisri.

Bisri turut meminta warga menjaga kesehatan supaya terhindar cacar monyet, seperti rajin menjaga kebersihan tangan dan memakai masker saat di tempat-tempat umum.

Warga pun diimbau segera memeriksakan kesehatan diri ke dokter jika menemukan gejala seperti cacar air di keluarga.

Pihaknya juga meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit tersebut, meskipun saat ini di Kepri baru tercatat satu kasus cacar monyet.

"Kami telah meminta fasilitas kesehatan bila menemukan gejala cacar monyet, pasien langsung ditindak dan diambil sampelnya untuk diperiksa di lab. Jika hasil labnya bukan cacar monyet, baru dilakukan penanganan si luar penyakit tersebut," demikian Bisri.

Baca juga: Kemenkes sebut vaksin cacar monyet saat ini sangat terbatas dan mahal

Pewarta: Ogen
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023