Anak gajah yang dilahirkan oleh induk bernama Riska ini berjenis kelamin jantan
Bandarlampung (ANTARA) - Seekor bayi Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) lahir di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada 11 November 2023. 

Humas Balai TNWK Sukatmoko di Lampung Timur, Selasa, menyebutkan bayi Gajah Sumatera tersebut lahir dari induk bernama Riska di Camp Elephant Rescue Unit Bungur.

"Anak gajah yang dilahirkan oleh induk bernama Riska ini berjenis kelamin jantan," katanya.

Dia menyebutkan bayi Gajah Sumatera tersebut lahir dengan berat badan 108 kilogram, panjang badan 120 sentimeter, lingkar dada 110 sentimeter, dan tinggi bahu 93 sentimeter.

"Gemuk anak gajahnya, dan kondisinya sehat " ujar Sukatmoko.

Ia menyebutkan bayi gajah yang baru lahir tersebut adalah anak kedua atau dapat dikatakan menjadi kelahiran kedua bagi induk gajah Riska.

Baca juga: Menengok gajah di Taman Nasional Way Kambas saat Hari Gajah Sedunia

"Ini anak keduanya Riska. Sebelumnya Riska melahirkan anak pertama berjenis kelamin betina pada tahun 2017. Dengan adanya kelahiran bayi gajah ini diharapkan bisa menambah populasi Gajah Sumatera," ucapnya.

Diketahui pada September 2023 di TNWK telah lahir bayi gajah dan kelahiran bayi Gajah Sumatera di bulan ini menjadi kelahiran kedua dalam rentang tiga bulan terakhir.
Saat ini induk gajah serta bayinya dalam pemantauan mahout serta tim medis TNWK guna memastikan kesehatannya.

Tercatat TNWK memiliki empat Camp Elephant Rescue Unit yang berada di Bungur, Tegal Yoso, Margahayu, dan Harjosari. Dan jumlah total gajah yang ada di Camp Elephant Rescue Unit maupun Pusat Latihan Gajah saat ini ada 60 ekor terdiri dari 27 ekor di Camp Elephant Rescue Unit dan 33 ekor di Pusat Latihan Gajah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PermenLHK) Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi, gajah menjadi salah satu jenis satwa liar yang dilindungi di Indonesia dan Gajah Sumatera juga merupakan satwa prioritas dalam pengelolaan Kawasan TNWK.

Baca juga: Habitat gajah sumatera terbanyak di Jambi ada di kabupate Tebo
Baca juga: Seekor bayi gajah sumatera lahir di Pelalawan Riau


 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Muklasin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023