Sleman (ANTARA) - Acara festival musik bertajuk Ngayogjazz kembali akan digelar Sabtu 18 November 2023 di Padukuhan Gancahan, Sidomulyo, Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Festival musik Ngayogjazz #17 tahun ini mengambil tagline 'Handarbeni Hangejazzi', dan bersifat gratis serta terbuka untuk umum," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Menurut dia, festival musik Ngayogjazz yang diselenggarakan oleh komunitas jazz tersebut diikuti oleh berbagai komunitas jazz se-nusantara yang akan hadir untuk menambah asupan kegembiraan dan menghibur pengunjung.

"Ngayogjazz juga menjadi ruang ekspresi yang beragam dan sebagai media untuk mengapresiasi musik jazz di kalangan masyarakat luas, serta mengapresiasi potensi seni budaya yang ada di kawasan wilayah setempat," katanya.

Ia mengatakan, Ngayogjazz telah beberapa kali diselenggarakan di wilayah Kabupaten Sleman, termasuk pada 2022 yang dilaksanakan di Padukuhan Cibuk Kidul, Margoluwih, Seyegan, Sleman yang kini menjadi viral dan telah berubah menjadi sebuah destinasi wisata favorit bagi wisatawan.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi dengan pemilihan lokasi penyelenggaraan Ngayogjazz di wilayah Kabupaten Sleman. Kami sangat mendukung agar penyelenggaraan acara tersebut dapat berjalan dengan baik melalui kolaborasi antarpihak," katanya.

Ishadi mengatakan, selama beberapa kali penyelenggaraan kegiatan Ngayogjazz di wilayah Kabupaten Sleman pihaknya menilai masyarakat setempat, pemerintah kelurahan dan kapanewon serta pemangku kepentingan terkait yang ada di wilayah memberikan dukungan penuh selama proses persiapan dan saat penyelenggaraan.

"Kegotongroyongan warga masyarakat sangat tinggi yang didukung dengan semangat untuk membangun wilayah dan mengolah seluruh potensi yang dimilikinya untuk kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat," katanya.

Ia mengharapkan agar penyelenggaraan Ngayogjazz dapat memberikan dampak positif bagi warga masyarakat. Tidak hanya saat acara diselenggarakan, akan tetapi yang lebih penting adalah pascakegiatan tersebut dilaksanakan.

"Pada tataran selanjutnya diharapkan warga masyarakat dapat menjadi tuan rumah yang baik ketika wilayahnya menjadi destinasi wisata," katanya.

Sementara Board Ngayogjazz Aji Wartono mengatakan bahwa dipilihnya Padukuhan Gancahan sebagai lokasi Ngayogjazz #17 tahun 2023 ini berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang matang.

Gancahan memiliki potensi kesejarahan yang kental ditandai dengan adanya Makam Kyai Wirajamba yang merupakan abdi dalem dan paman dari Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan HB I. Beliau dipercaya membantu menunjukkan lokasi Kasultanan di Tanah Pacethokan yang kemudian menjadi Keraton Yogyakarta, serta Embung Gagak Suro yang awalnya merupakan sungai tempat Kyai Wirajamba mencari ikan.

"Selain itu Gancahan dan sekitarnya juga memiliki banyak potensi seni budaya yang masih terus dilestarikan dan dikembangkan," katanya.

Bahkan di Gancahan ini pula terdapat komunitas Jimborodono yang sangat konsen untuk penanganan sampah yang saat ini menjadi permasalahan yang cukup pelik diberbagai wilayah.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah jiwa gotong royong dan keguyub-rukunan warga masyarakat yang masih cukup mengakar di kalangan masyarakat," katanya.

Terkait dengan kesiapan penyelenggaraan, Aji menuturkan bahwa segala sesuatunya dilaksanakan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Sehingga pada Sabtu 18 November 2023, Ngayogjazz benar-benar dapat terselenggara dengan baik.

"Penyiapan lokasi, kami menyerahkan kepada panitia lokal untuk dilaksanakan sebaik-baiknya," katanya.

Ia mengatakan, mengingat menurut perkiraan jumlah pengunjung akan membludak, maka diharapkan agar pengunjung untuk tetap menciptakan dan menjaga suasana yang aman, nyaman dan kondusif, meskipun nantinya juga diterjunkan aparat keamanan dari pihak kepolisian, linmas serta warga masyarakat setempat.

"Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan Tim Ngayogjazz juga menyediakan ambulan, damkar, rescue/SAR serta petugas medis. Harapannya semua persoalan dapat tertangani dengan baik," katanya.

Aji menyebutkan gelaran Ngayogjazz #17 kali ini setidaknya akan dimeriahkan oleh sekitar 40 grup musik se nusantara, termasuk diantaranya grup dari berbagai daerah yaitu Purwokerto, Magelang, Pekalongan, Trenggalek, Ponorogo, Malang, Semarang, dan lainnya.

"Bahkan grup musik dari manca negara juga ada yang akan hadir yaitu dari Belanda dan Perancis. Sedangkan artis-artis nasional yang mengkonfirmasi hadir adalah Bintang Indrianto, White Shoes and the Couples Company, Eva Celia, Sirkus Barock, Sinten Remen, Trie Utami, Kevin Yoshua dan lainnya," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023