Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengerahkan 12 unit armada pemadam kebakaran guna mengatasi kebakaran yang terjadi di pabrik pemintalan kapas di Jalan Cipadung kota setempat, Rabu.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada pukul 11.02 WIB. Pihaknya kini tengah melakukan upaya pemadaman area yang terbakar agar api tidak semakin meluas.

Baca juga: Gedung Bappelitbang terbakar, Damkar Bandung Barat bantu pemadaman

“Kami menerima laporan bahwa ada kejadian kebakaran di tempat ini. Nampaknya api ini memang cukup besar,” kata Gun Gun.

Gun Gun menyatakan saat ini pihaknya telah mengerahkan seluruh unit armada dari Diskar PB Kota Bandung untuk mempercepat pemadaman. "Angin cukup kencang, khawatir bisa merambat kemana mana, jadi kita kerahkan seluruh yang ada dan sedang bersiaga pada hari ini,” kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini petugas sedang berupaya untuk melakukan penyekatan agar api tidak merembet ke bangunan lain, termasuk POM bensin yang letaknya di dekat pabrik.

"Sampai sejauh ini saya belum mendengar ada korban meninggal dunia, mudah-mudahan tidak. Kita lakukan penyekatan, minimal tidak merambat ke bangunan yang lain," katanya.

Baca juga: Penyebab kebakaran Pasar Caringin masih tunggu investigasi kepolisian

Baca juga: 20 mobil pemadam diterjunkan dalam kebakaran Pasar Sadang Serang


Adapun terkait penyebab terjadinya kebakaran, petugas baru akan melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran usai api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan.

“Penyebab dan hal-hal lain yang cukup krusial mungkin setelah proses pemadaman, betul-betul titik api sudah tidak ada. Pasti harus komunikasi dengan jajaran para penegak hukum untuk mengecek apa penyebab yang sebenarnya,” kata Gun Gun.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023